PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DAN PENGAYAAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 13 KURANJI PADANG

Usmayanti, Defika (2023) PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DAN PENGAYAAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 13 KURANJI PADANG. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (980kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (726kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (Defika Usmayanti 1914070101.Fulltext)
Defika Usmayanti 1914070101.Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui dan melihat perbedaan yang signifikan antara mengatasi kesulitan belajar dan pemecahan masalah yang menerapkan program remedial teaching dan pengayaan dengan tes ulang (HER) dan pembelajaran lanjutan. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian Post-test Only Non Equivalent Control Group Design (Postes kelompok non ekuivalen). Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik pada kelas VA dan VB, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata akhir (post-test) mengatasi kesulitan belajar kelas eksperimen 81,86 dengan persentase 86%, dan rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol 64 dengan persentase 20%. Sedangkan untuk mengatasi permasalahan diperoleh rata-rata pada kelas ekperimen 0,61 dengan persentase 61% dan rata-rata kelas kontrol 0,35 dengan persentase 35%. Dengan demikian program remedial teaching dan pengayaan dapat membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar dan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik tema 9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remedial Teaching, Pengayaan, Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:47
Last Modified: 16 Oct 2023 00:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15842

Actions (login required)

View Item View Item