Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) DHARMASRAYA

PUTRI, AMELIA DWI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) DHARMASRAYA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover, surat pernyataan, persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar bagan, daftar tabel, daftar grafik, daftar lampiran)
DWI AMELIA PUTRI-1914090020-TIPS-BAB I (1).pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text (BAB I)
DWI AMELIA PUTRI-1914090020-TIPS-BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
DWI AMELIA PUTRI-1914090020-TIPS-BAB III.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB V, Daftar Pustaka)
DWI AMELIA PUTRI-1914090020-TIPS-BAB V dan Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (FULLTEXT)
DWI AMELIA PUTRI-1914090020-TIPS-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “ Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dharmasraya” yang ditulis oleh Dwi Amelia Putri. 1914090020. Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar sehingga masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini yaitu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dharmasraya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 115 orang. Sampel dalam penelitian ini yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS.1 yang berjumlah 20 orang dan kelas Kontrol adalah kelas XI IPS.2 yang berjumlah 20 orang. Dari hasil tes bahwa nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi dari pada mean pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mendapatkan mean 84,45 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan mean 77,30. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil Pre-test dan Post-test kelas eksperimen dan kontrol. Hasil analisis uji-t terbukti dengan menggunakan SPSS versi 26, maka diperoleh dua arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,001 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa 0,001 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya ada pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Inside-Outside Circle, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:57
Last Modified: 06 Feb 2024 06:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item