Perbedaan Hasil Belajar antara Media Maze Game dan Media PowerPoint pada Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

Nurhidayah, Rizca (2023) Perbedaan Hasil Belajar antara Media Maze Game dan Media PowerPoint pada Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 1)
RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 3)
RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 3.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 5)
RIZCA NURHIDAYAH 1914090022 BAB 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Cover)
Cover Rizca Nurhidayah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RIZCA NURHIDAYAH 1914090022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karna dalam proses pembelajaran guru mata pelajaran menggunakan media PowerPoint di setiap pertemuan hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kejenuhan dalam belejar ditunjukkan dengan banyaknya peserta didik yang tertidur di dalam kelas dan keluar masuk secara bergantian. Orientasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran masih menggunakan pendekatan teacher centered dimana pembelajaran masih berpusat terhadap guru dan guru sebagai sumber belajar utama sehingga membuat rendahnya tingkat literasi peserta didik dalam membaca buku teks pembelajaran karna peserta didik merasa puas dengan penjelasan dari guru. Rendahnya tingkat literasi ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan ketika guru memberikan pertanyaan peserta didik tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri atas 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Berdasarkan Teknik pengambilan sampel diperoleh kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t independent sample test karna data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan post-test yakni kelas eksperimen dengan mean 86, 40 dan kelas kontrol 76,13. Analisis data dilakukan menggunakan Uji-t dengan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil analisis Uji-t diketahui a sig (2-tailed) yakni 0.60> 0,05 artinya hasil belajar dengan media maze game tidak berbeda dengan hasil belajar media PowerPoint pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Maze Game, PowerPoint, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:18
Last Modified: 06 Feb 2024 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item