Pengembangan Interaksi Sosial Peserta Didik Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Gunung Talang

Anggi Purnama Putra, Anggi (2018) Pengembangan Interaksi Sosial Peserta Didik Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
gabungan coper, abstrak, p.p.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Gabungan Skripsi Keseluruhan)
SKRIPSI ANGGI PURNAMA PUTRA (pdf).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: http://uinib.ac.id

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Interaksi Sosial Peserta Didik Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Gunung Talang”, disusun oleh Anggi Purnama Putra, NIM. 1314030702 Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penulisan skripsi ini berdasarkan pada peran guru bimbingan dan konseling di sekolah, yaitu mengembangkan potensi sosial peserta didik menggunakan menu program layanan bimbingan dan konseling namun pada kenyataannya masih ada peserta didik yang mendapat penolakan dari teman-teman atau lingkungannya. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya dilakukan pengembangan interaksi sosial peserta didik menggunakan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan interaksi sosial peserta didik menggunakan layanan bimbingan kelompok di SMP 1 Gunung Talang. Sedangkan batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bentuk-bentuk interaksi sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang. 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk interaksi sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian data diolah dan dianalisis secara kualitatif, mengelompokkan data yang sudah diseleksi, diklasifikasikan kemudian dianalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian dilapangan menunujukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk interaksi sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung talang adalah kerja sama sesama peserta didik baik dalam proses belajar mengajar maupun diluar proses belajar, kembali menyesuaikan diri jika terjadi konflik dengan teman, perubahan secara sukarela tanpa paksaan dari guru, bersaing dalam meningkatkan prestasi belajar, menolak teman secara diam-diam, dan konflik atau bertengkar dengan teman. 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan interakasi sosial peserta didik sudah dilakukan dengan baik. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dimulai dari pengumpulan dan pembentukan anggota kelompok, menentukan materi yang akan dibahas dengan membuat rencana pelaksanaan layanan, menyiapkan tempat pelaksanaan dan melakukan tahap-tahap kegiatan, mengevaluasi kegiatan dengan menanyakan kesan anggota kelompok, dan menganalisis dan menindak lanjuti kegiatan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2018 01:51
Last Modified: 25 Jul 2018 01:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item