Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD/MI

Salsabila, Az-Zahra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
az zahra salsabika.NIM.1914070104 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
az zahra salsabila. 1914070104. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
az zahra salsabila.1914070104. BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
az zahrasalsabila.1914070104.fultext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD/MI, yang dilakukan di SDN 13 Kuranji Kota Padang ditulis oleh Az Zahra Salsabila NIM 1914070104 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pada komunikasi matematis peserta didik kelas V SDN 13 Kuranji yang ditandai dengan peserta didik yang belum lancar dalam mengekspresikan konsep matematika dengan menggunakan bahasa sehari-hari, mempresentasikan benda-benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide-ide matematika atau sebaliknya dan juga masih kurangnya keberanian peserta didik dalam memberikan jawaban. Komunikasi matematis merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki pelaku dan pengguna matematika selama belajar mengajar dan mengakses matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Advance Organizer dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis menggunakan model Advance Organizer dan tanpa menggunakan model Advance Organizer kelas V SDN 13 Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (total sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VA dan kelas kontrol VB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttes komunikasi matematis kelas eksperimen 86,1 dan rata-rata nilai posttes kelas kontrol 78,4. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 95% sedangkan pada kelas kontrol 70%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 29 diperoleh α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,003 dan 0,004 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,003 dan 0,004 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Advance Organizer terbukti lebih baik dibanding dengan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 13 Kuranji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Advance Organizer, Komunikasi Matematis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:18
Last Modified: 31 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item View Item