Perbedaan Kemandirian Belajar Model Pembelajaran Talking Stick dengan Model Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padang Pariaman

Nurhasnah, Nurhasnah (2023) Perbedaan Kemandirian Belajar Model Pembelajaran Talking Stick dengan Model Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padang Pariaman. Masters thesis, Pascasarjana: Magister Pendidikan Agama Islam.

[img] Text (File Cover, Abstrak, dan Halaman Pengesahan)
1. file cover, abstrak, dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (Nurhasnah Tesis Full Teks)
tesis Nurhasnah Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nurhasnah, NIM 2120010007. Tesis: “Perbedaan Kemandirian Belajar Model Pembelajaran Talking Stick dengan Model Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padang Pariaman”. Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Imam Bonjol Padang 2023. Kemandirian belajar merupakan hal yang penting dalam sebuah pembelajaran. Kemandirian dalam belajar pada dasarnya sudah dimiliki oleh peserta didik, namun demikian kemandirian dalam belajar sering mengalami penurunan yang mana penurunan kemandirian belajar ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Seperti kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, pembelajaran masih fokus dengan model ekspositori, penugasan, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, kurangnya buku referensi, kurangnya fokus peserta didik dalam belajar, dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu dilakukan upaya perbaikan, dalam penelitian ini dicoba menerapkan model pembelajaran talking stick, tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model talking stick dan ekspositori. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2022-2023 di kelas X MAN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Padang Pariaman dan sampelnya terdiri dari dua kelas, terdiri dari kelas X.2 dan X.5 dengan jumlah 72 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan angket tertutup untuk memperoleh data terkait kemandirian belajar peserta didik. Rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen 80 yang tergolong tinggi dan rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas kontrol adalah 67 yang tergolong sedang. Uji dalam penelitian ini digunakan uji T untuk melihat perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan model talking stick dan ekspositori. Hasil penelitian ini, setelah melakukan uji T diperoleh bahwa kemandirian belajar peserta didik yang belajar menggunakan talking stick lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan menggunakan model ekspositori, diperoleh thitung > ttabel 4,746 > 2,032. Dengan demikian hasil penulisan ini menunjukkan adanya perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan eksositori dalam pembelajaran fiqih. Model pembelajaran talking stick lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MAN 1 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Ekspositori, Kemandirian Belajar, Fiqih
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:25
Last Modified: 02 Jan 2024 06:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item