Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 5 Pariaman

Putri, Rina Amelia (2023) Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Fulltext)
Rina Amelia Putri 1914090087 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Cover)
PENGESAHA, PERSETUJUAN, PERNYATAAN, ABSTRAK DAN DAFTRAR ISI, COVER.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB 5- DAPUS)
BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version

Download (488kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu fenomena yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Pariaman, yang mana model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang cukup banyak digemari oleh peserta didik, namun pada pelaksanaan nya masih banyak terdapat peserta didik yang kurang semangat serta merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Poblem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Problem Based Learning pda pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer yaitu peserta didik, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan kepala SMP Negeri 5 Pariaman, dan Data Skunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Satu, penerapan model Problem Based Learning, dalam kegiatan pendahuluan Model Problem Based Learning guru menjelaskan mengenai sistem pembelajaran Problem Based Learning. Kegiatan Inti, dalam kegiatan inti terdapat langkah-langkah pelaksanaan Model Problem Based Learning, 1) peserta didik di bentuk 4 kelompok yang terdiri dari 8 orang, 2) lalu guru menjelaskan materi di depan kelas, 3) lalu diminta kepada peserta didik untuk bertanya, 4) setelah tanya jawab peserta didik di suruh untuk berdiskusi seputar materi yang diberikan sesuai kelompok, 5) kemudian peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi nya dengan perwakilan kelompok, 6) Kegiatan penutup, di dalam kegiatan penutup guru bersama-sama dengan peserta didik menyimpulkan materi, lalu guru memberi tugas kepada peserta didik. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Pariaman telah dilaksanakan dengan baik akan tetapi belum sempurna karena metode ceramah masih mendominasi pada pelaksanaan nya, hal ini disebabkan oleh guru yang memberikan penjelasan materi cukup panjang di tahap mengamati sehingga menyita waktu pelaksanaan Model Problem Learning. Kedua, kelebihan dan kekurangan Model Problem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, peserta didik masih bergantung pada teman nya karena memiliki kecerdasan rendah, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Faktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBL, Ilmu Pengetahuan Sosial, Faktor
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:24
Last Modified: 19 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item