Penerapan Model TTI Berbantuan E-Modul Fisika Berbasis Etno STEM Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA

Ramadani, - (2023) Penerapan Model TTI Berbantuan E-Modul Fisika Berbasis Etno STEM Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB IIII)
BAB III.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (COVER)
Cover .pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text (Full Text)
RAMADANI_1914080002_Fulltext-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Trait Treatment Interaction (TTI) merupakan model pembelajaran yang didasarkan pada perbedaan karakter yang dimiliki oleh setiap individual (individual difference). Model pembelajaran TTI pendidik memberikan perlakuan didasarkan pada kemampuan peserta didik. Sebelum model TTI di terapkan peserta didik diberi Tes Potensi Akademik (TPA) untuk mengelompokkan tingkat kemampuan yang dimiliki peserta didik: peserta didik dengan kemampuan tinggi dan peserta didik dengan kemampuan rendah. Peserta didik dengan tingkat kemampuan tinggi diberi perlakuan belajar mandiri (self learning) dan peserta didik dengan tingkat kemampuan rendah diberi perlakuan pembelajaran biasa ditambah dengan pembelajaran tambahan (regular teaching+tutorial). Dalam pemberian perlakuan untuk peserta didik dengan kemampuan tinggi dengan belajar mandiri pendidik memberikan media ajar berupa e-Modul Fisika berbasis Etno STEM. Modul Pembelajaran Etno STEM yang diterapkan dalam penelitian ini sebuah alat musik dari daerah Minangkabau berupa Talempong. Penerapan model TTI yang didukung dengan e-Modul Fisika Etno STEM memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperiment dengan populasi peseerta didik kelas XI IPA MAN 2 Pesisir Selatan dengan jumlah sampel 2 kelas sebanyak 64 peserta didik. Teknik penarikan sampel dengan Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisis menggunakan teknik (ANACOVA) factorial design 2x2x2. Hasil dari penganalisisan ANACOVA di peroleh peserta didik kemampuan tinggi lebih cocok belajar mandiri (self learning) menggunakan e-Modul Fisika berbasis Etno STEM Talempong dan peserta didik kemampuan rendah lebih cocok belajar dengan pembelajaran biasa ditambah dengan pembelajaran tambahan (reguler teaching+tutorial).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model TTI, Etno STEM, E-Modul, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:16
Last Modified: 06 Feb 2024 06:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item