Pelaksanaan Model Role Playing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang

Sari, Delfita (2023) Pelaksanaan Model Role Playing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Delfita Sari. NIM 1914090112. BAB 1.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
Delfita Sari. NIM 1914090112. BAB 3.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text (Fulltext Skripsi Delfita Sari)
Delfita Sari 1914090112 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu fenomena yang terjadi pada pelaksanaan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang serta sikap sosial peserta didik,yang mana model pembelajaran role playing sudah dilaksanakan, namun pada pelaksanaannya sikap sosial peserta didik masih belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap sosial peserta didik, pelaksanaan model role playing, dampak pelaksanaan model role playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran, peserta didik SMPN 2 Gunung Talang, dan Data Sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Satu, Sikap Sosial Peserta Didik SMPN 2 Gunung Talang, sikap sosial terdiri dari sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong. Pada saat ini peserta didik telah mampu menunjukkan sikap sosial. Kedua, Pelaksanaan Model Role Playing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Mengembangkan Sikap Sosial Peserta Didik terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. RPP terdiri dari kegiatan pendahuluan, dalam kegiatan pendahuluan guru menjelaskan tentang sistem pembelajaran model role playing. Kegiatan inti, dalam kegiatan inti terdapat langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran model role playing dari persiapan skenario, presentasi, evaluasi, dan penutup. Kegiatan Penutup, di dalam kegiatan penutup guru bertanya hal yang belum dipahami peserta didik. Dalam pelaksanaan model pembelajaran role playing sudah baik akan tetapi belum cukup sempurna, disebabkan oleh naskah drama dibuat oleh peserta didik bukan dari guru dan pemilihan kelompok tidak beranggotakan lima orang sehingga kurang sesuai dengan RPP. Ketiga, Dampak pelaksanaan Model role playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang ada dampak positif dan negatif. Dampak positif dapat mengembangkan sikap sosial peserta didik. Dampak negatif : memerlukan waktu yang lama, peserta didik kurang memahami materi, suasana kelas riuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Pembelajaran Ilmu Pengetahuna Sosial, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Sikap Sosial.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
L Education > L Education (General)
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Sekolah Negeri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 08 Oct 2023 03:21
Last Modified: 08 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item