Pengembangan E-Modul Fisika Berpendekatan Etno-STEAM "Air Kawo" Terintegrasi Ayat Al-Qur'an Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandririan Belajar Peserta Didik SMA/MA

Ulandari, Ebi (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Berpendekatan Etno-STEAM "Air Kawo" Terintegrasi Ayat Al-Qur'an Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandririan Belajar Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
cover_dll[1].pdf - Published Version

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I EBI ULANDARI 1914080031.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ok.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Skripsi Full Text Ebi Ulandari 1914080031)
skripsi_full_text_ebi_ulandari_fisika_'19[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik SMA/MA, dan kurangnya ketersediaan bahan ajar yang dapat menyeimbangi antara sains asli, IPTEK, dan sains Islam. Diantara faktor penyebabnya adalah ketidaksesuaian karakter peserta didik dengan bahan ajar yang digunakan. E-modul berpendekatan etno-STEAM terintegrasi ayat al-Qur’an menjadi solusi untuk mengkonkritkan pelajaran fisika serta upaya mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan mengembangkan e-modul fisika berpendekatan etno-STEAM terintegrasi ayat al-Qur’an serta menguji kualitas e-modul yang memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah-langkah model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development of prototype phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Uji validitas produk terdiri dari 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika dan 29 orang peserta didik kelas XI MIA 3 di MAN 1 Sungai Penuh. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan angket dan soal tes kepada 29 orang Peserta didik XI MIA 3 di MAN 1 Sungai Penuh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa e-modul berpendekatan Etno- STEAM terintegrasi ayat al-Qur’an yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas dari ahli memperoleh skor rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh skor rata-rata 88,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas terhadap berpikir kritis memperoleh skor rata-rata 79% dengan kategori efektif. Sedangkan hasil uji efektivitas terhadap kemandirian belajar memperoleh skor rata-rata 81% dengan kategori sangat efektif. Adapun skor rata-rata uji efektivitas terhadap berpikir kritis dan kemandirian belajar memperoleh skor rata-rata 80% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berpendekatan Etno-STEAM terintegrasi ayat al-Qur’an terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik sangat valid, sangat praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Etno-STEAM, Air Kawo, Ayat Al-Qur’an, Keterampilan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: U Umum (General) > Fisika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:38
Last Modified: 10 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14976

Actions (login required)

View Item View Item