Kompetensi Pedagogik dalam Perspektif Al-Quran (QS.Al-Hasyr:18, QS.An-Nahl:125, dan QS.Al-'Alaq:4-5)

Popy Novera, Putri (2018) Kompetensi Pedagogik dalam Perspektif Al-Quran (QS.Al-Hasyr:18, QS.An-Nahl:125, dan QS.Al-'Alaq:4-5). Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan, dan abstrak)
cover, persetujuan pembimbing, dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I WT.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II WT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WT.pdf - Published Version

Download (804kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img] Text (full gabungan keseluruhan)
full gabungan keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik dalam Perspektif Al-Quran (QS. Al-Hasyr: 18, QS. An-Nahl: 125, dan QS. Al-‘Alaq: 4-5)” ini ditulis oleh Popy Novera Putri, NIM 1414010011, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, tahun 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu adanya sebagian oknum guru yang tidak sepenuhnya menguasai kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh guru, khususnya kompetensi pedagogik. Hal ini mengakibatkan kurangnya profesionalitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik dalam perspektif Al-Quran (Surah Al-Hasyr: 18, Surah An-Nahl: 125, dan Surah Al-‘Alaq: 4-5)?. Batasan masalahnya adalah: (1) Kompetensi pedagogik dalam aspek perencanaan pembelajaran, (2) Kompetensi pedagogik dalam aspek pelaksanaan pembelajaran, (3) Kompetensi pedagogik dalam aspek evalusi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dalam perspektif Al-Quran (Surah Al-Hasyr: 18, Surah An-Nahl:125, dan surah Al-‘Alaq: 4-5). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam material yang terdapat di perpustakaan. Sedangkan dalam menganalisis ayat penulis menggunakan metode maudhu’i (tematik), yaitu metode mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang membahas satu tema tertentu, menafsirkan secara global dengan kaidah-kaidah tertentu, dan menemukan rahasia yang tersembunyi dalam Al-Quran. Hasil penelitian ini mengungkapkan kompetensi pedagogik dalam perspektif Al-Quran (Surah Al-Hasyr: 18, Surah An-Nahl: 125, dan surah Al-‘Alaq: 4-5) sebagai berikut: Pertama, kompetensi pedagogik dalam aspek perancangan pembelajaran, yaitu terdapat dalam surah Al-Hasyr: 18. Perancangan tersebut meliputi identifikasi kebutuhan, identifikasi kompetensi, dan penyusunan program pembelajaran. Kedua, kompetensi pedagogik dalam aspek pelaksanaan pembelajaran yang terdapat dalam surah An-Nahl: 125. Dalam ayat tersebut ada tiga metode pembelajaran, yaitu metode hikmah, mau’izhah al-hasanah, dan al-mujadalah. Kemudian dalam surah Al-‘Alaq: 4-5 tentang pemanfaatan teknologi pembelajaran. pelaksanaan pembelajaran meliputi Pre tes, Proses, dan Post tes. Ketiga, kompetensi pedagogik dalam aspek evaluasi pembelajaran. pentingnya melaksanakan evaluasi dijelaskan dalam surah Al-Hasyr:18 dan Surah An-Nahl: 125. Evaluasi dilakukan dengan tujuan mengetahui kadar pemahaman peserta didik, mengetahui kemampuan peserta didik, dan mengetahui tingkat keberhasilan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Perancangan, Pelaksanaan, Evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:52
Last Modified: 05 Nov 2018 08:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item