Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Bariang Indah Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang

Syah, Muhammad Aldian (2023) Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Bariang Indah Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
SKRIPSI MUHAMMADALDIAN SYAH Cover.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI MUHAMMADALDIAN SYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Tahsin al-Quran pada Anak-anak sangat penting dilakukan karena masih terbatasnya kemampuan anak-anak dalam membaca al-Qur’an, Santriwan/ti belum baik dan benar dalam membaca al-Qur’an, kemudian pengaruh teknologi yang dilanda anak-anak zaman sekarang sehingga mengurangi semangat dan motivasi belajar Tahsin Qur’an santriwan/ti, masih kurangnya buku rujukan Tahsin Qur’an Santriwan/ti di TPQ Baitul Mukminin Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang, maka muncullah rumusan masalah yaitu Bagaimana Implementasi pembelajaran Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Baitul Mukminin kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. (3) Untuk mengetahui hasil belajar Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus atau disebut juga (Case study). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak di TPQ Baitul Mukminin Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang belum terlaksana dan tercapai dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari Perencanaan Tahsin al-Qur’an pada Anak-anak dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan Ustadz dalam melakukan pembelajaran Tahsin al-Qur’an yang teratur sehingga pembelajaran Tahsin al-Qur’an berjalan dengan baik dan teratur. Hal itu dapat dilihat dari pelaksanaan Tahsin al-Qura’an pada Anak-anak yang dilaksanakan pada hari kamis malam pada pukul 19:15-20:30 Wib dengan menggunakan metode Talaqqi dengan pendidik dan Santriawan/ti belajar secara langsung sehingga Santriawan/ti mudah memahami pembelajaran dengan baik dan target pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Hal itu dapat dilihat dari Hasil belajar Tahsin al-Qur’an pada Santriwan/ti yang memuaskan setelah pembelajaran itu dilaksanakan dengan melakukan praktek dan ujian, baik secara lisan maupun secara tulisan. Kata Kunci: Pembelajaran, Tahsin Qur’an dan Anak-anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahsin al-Qur'an dan Anak-anak
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:35
Last Modified: 12 Oct 2023 02:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item