Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPS (Studi Kasus: Di SMP Negeri 1 Padang Panjang)

Oktarina, Finiska (2023) Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPS (Studi Kasus: Di SMP Negeri 1 Padang Panjang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Finiska Oktarina-1914090026-TIPS-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (BAB I)
Finiska Oktarina-1914090026- TIPS-BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
Finiska Oktarina-1914090026-TIPS-BAB III.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB V)
Finiska Oktarina-1914090026-TIPS-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Fulltext)
Finiska Oktarina-1914090026-TIPS-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan lapangan bahwa peserta didik kurang aktif, kurangnya motivasi belajar dan adanya rasa malas saat proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik kurang mengembangkan kemampuan mereka dalam proses belajar mengajar. pada saat pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal dikarenakan guru belum paham menyusun modul sebagai panduan pelaksanaan. Sehingga guru pada saat pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus bersifat deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Sumber data atau yang menjadi objek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. 1) sumber primer, sumber primer dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru IPS dan beberapa peserta didik kelas VII. 2) sumber sekunder, sumber sekunder dalam penelitian ini adalah berupa buku-buku pustaka, skripsi, jurnal, dan dokumen-dokumen yang mendukung. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa Pendidik Perencanaan pembelajaran Model Project Based Learning berorientasi kurikulum merdeka ada beberapa tahap yaitu a.) tahap kesiapan sekolah, b.) menidentifikasi tema yang sudah ditentukan oleh tim projek, c.) menentukan tema yang lebih spesifik sesuai keadaan dilingkungan sekolah, d.) pembuatan modul projek, e.) mementukan alokasi waktu pembuatan modul projek. Proses pembelajaran berbasis projek ada beberapa tahap yaitu, a.) tahap Fell (pengenalan) perkenalan tentang sampah. Bersama peserta didik membaca tentang sampah dan pengelompokkan sampah, b.) kontekstual, disini didampingi oleh fasilitator untuk menyepakati batas waktu pengerjaan projek peserta didik, d.) Do (Aksi) memuat rancangan sesuai dengan tema yang sudah di tentukan yaitu pengolahan botol plastik dan kertas, e.) Refleksi dan tindak lanjut, Tahap inilah siswa memulai mempresentasikan dan mempromosikan hasil produk dari setiap tim yang akan dinilai oleh guru sebagai evaluasi dan tindak lanjut setelah pembelajaran projek selesai. Evaluasi pembelajaran dilakukan setelah pameran hasil projek pengolahan botol plastik dan kertas. Berdiskusi bersama fasilitator untuk mengevaluasi diseluruh rangkaian dengan membagikan angket. Selain itu juga dilakukan pada saat pembelajaran projek dengan asesmen sumatif dan nanti nilai akan dilampirkan dirapot pembelajaran projek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:34
Last Modified: 06 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item