Penerapan Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 49 Payakumbuh

Fadila, Serly (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 49 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, Abstrak, dan pengesahan)
Serly Fadila. NIM 1914070099. Cover, Abstrak, dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (996kB)
[img] Text (BAB I)
Serly Fadila. NIM 1914070099. BAB I.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (BAB III)
Serly Fadila. NIM 1914070099. BAB III.pdf - Published Version

Download (923kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Serly Fadila. NIM 1914070099. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (Full Text)
Serly Fadila. NIM 1914070099. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik, sebab saat peserta didik diminta menjawab pertanyaan, peserta didik kembali membaca teks, tidak dapat menjawab tanpa melihat teks suatu cerita. Sehingga berdampak pada hasil belajar di SD N 49 Payakumbuh tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari penilaian harian tema 1 peserta didik Kelas 5A dari 20 peserta didik, hanya 8 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntatasan minimal dengan persentase 40% dan yang tidak tuntas 12 peserta didik dengan persentase 60%. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity dan tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) tipe pretest posttest control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah dua kelas, seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Pengambilan sampel ditentukan dengan mengambil semua sampel(Total Sampling). Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas V A dan kelas kontrol kelas V B. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (posttest) kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen 88,2 rata-rata nilai tes akhir kelas control 84,06. Persentase ketuntatasan belajar peserta didik eksperimen 80% sedangkan pada kelas kontrol 70%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 28diperoleh α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = <,001 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α<0,04 dan T hitung>T tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka diambil kesimpulan (0,001<0,04) bahwa hasil belajar peserta didik mengggunakan strategi pembelajaran direct reading thinking activity lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan strategi pembelajaran direct reading thinking activity (konvensional).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi Direct Reading Thinking Activity, Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:28
Last Modified: 08 Oct 2023 18:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item