DIAN ARIANTI, DIAN (2018) PENGARUH MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWI ASRAMA SITI KHADIJAH MAN KOTO BARU SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (SKRIPSI KESELURUHAN)
SKRIPSI KESELURUHAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
12 BAB I (PAK RIZAL).pdf - Published Version Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13 BAB II (PAK RIZAL).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
14 BAB III (PAK RIZAL).pdf - Published Version Download (747kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
15 BAB IV (PAK RIZAL).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
16 BAB V (PAK RIZAL).pdf - Published Version Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (418kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul: “Pengaruh Membaca al-Qur’an Terhadap Peningkatan Adveristy Quotient Pada Siswi Asrama Siti Khadijah MAN Koto Baru Solok”, ini disusun oleh Dian Arianti, NIM. 1315040024, Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fungsi al-Qur’an yang diturunkan untuk mengubah pikiran, sikap dan perilaku manusia serta menunjuki mereka. Sehingga manusia bisa terhindar dari keterpurukannya dalam menghadapi masalah hidup. Setiap individu memiliki tanggapan yang berbeda terhadap masalah yang dihadapinya. Ada yang memilih menghindari masalah dan ada yang berjuang untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini dilihat dari ketangguhan atau Adveristy Quotient individu tersebut. Adversity Quotient merupakan salah satu bentuk kecerdasan yang melatarbelakangi kesuksesan seseorang dalam menghadapi sebuah tantangan di saat terjadi kesulitan atau kegagalan. Dalam hal ini membaca al-Qur’an yang direfleksikan kepada remaja agar mendapatkan motivasi dan pemahaman mengenai pandangannya terhadap masalah yang mereka hadapi. Serta melalui membaca al-Qur’an akan memberikan sumbangsih terhadap peningkatan Adversity Quotient remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adverisity Quotient siswi asrama sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa membaca al-Qur’an, kemudian untuk mengetahui adakah pengaruh membaca al-Qur’an untuk meningkatkan Adversity Quotient dan mengetahui kelancaran kegiatan membaca al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswi Asrama Siti Khadijah MAN Koto Baru Solok berjumlah 38 orang. Pemilihan subjek dipilih berdasarkan teknik sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing kelompok berjumlah 19 orang. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa membaca al-Qur’an, sementara kelompok kontrol tidak. Berdasarkan hasil pretest, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan Adversity Quotient kategori sedang. Pada hasil posttest, kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Sementara kelompok kontrol yang tidak diberi treatment tidak mengalami peningkatan, bahkan penurunan Adversity Quotient. Hasil penelitian membuktikan pemberian treatment berupa membaca al-Qur’an berpengaruh terhadap peningkatan Adversity Quotient pada siswi Asrama Siti Khadijah MAN Koto Baru Solok. Skala Adversity Quotient membuktikan bahwa pelaksanaan membaca al-Qur’an berlangsung lancar bagi peserta. Kata Kunci: Adversity Quotient, Membaca al-Qur’an, Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 03:24 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 03:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1434 |
Actions (login required)
View Item |