Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Komik Berbasis Hurmor Appeals pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Solok

Nurwidya, Anggraini and Hurriyah, S.Si MT, Hurriyah and Nurhasnah, M.Si (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Komik Berbasis Hurmor Appeals pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Solok. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text
KOVER DLL.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
combined.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LENGKAP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

NurwidyaAnggraini, NIM : 1314080667, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Komik Berbasis Humor Appeals pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 3 Solok, skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. 2017. 221 Halaman. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan membuat sebuah media pembelajaran fisika komik berbasis humor appeals. Media pembelajaran fisika komik berbasis humor appeals merupakan sebuah media pembelajaran berbentuk komik yang mengandung unsur humor tanpa menghilangkan fakta ilmiah didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kevali dan media pembelajaran komik berbasis humor appeals dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (2)Mengetahui praktisan media pembelajaran komik berbasis humor appeals dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (3)Mengetahui keefektifan media pembelajaran komik berbasis humor appeals dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model 4-D. Proses pengembangannya adalah tahap define, design, develop, dan disseminate. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar angket validitas, lembar angket praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik, serta lembar angket efektifitas oleh peserta didik. Uji validasi angket Validitas, praktikalitas, dan efektifitas 3 orang dosen. Selanjutnya, untuk media pembelajaran fisika komik berbasis humor appeals validitas materi oleh 2 orang dosen, validitas media oleh 2 orang dosen, dan validitas bahasa oleh 1 orang dosen di UIN Imam Bonjol Padang. Uji praktikalitas terhadap media pembelajaran fisika komik berbasis humor appeals untuk peserta didik kelas XI dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh 2 orang pendidik fisika dan 32 orang Peserta didik kelas XI MIA 1(satu) MAN 3Solok. Uji efektifitas meliputi efektifitas angket motivasi belajar peserta didik terhadap media pembelajaran komik berbasis humor appeals diisi oleh 32 orang peserta didik kelas XI di MAN 3 Solok. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, media pembelajaran fisika komik berbasis humor appeals untuk peserta didik kelas XI MA, memiliki kategori sangat valid dengan nilai rata-rata dari ahli 83.98 5%. Uji praktikalitas, untuk peserta didik menunjukkan nilai 91.41 % dengan kategori sangat praktis. Serta praktis oleh pendidik diperoleh hasil 92.5 % dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, Pada uji efektivitas diperoleh hasil 93.46 % dengan kategori sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari materi fluida statis. Kata kunci: Media pembelajaran, komik berbasis humor appeals, validitas, pratikalitas, efektifitas, motivasibelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:02
Last Modified: 23 Nov 2018 01:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item