Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Siti Khadijah Padang

Mulya, Octavia Dhary Joan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Siti Khadijah Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Octavia Dhary Joan Mulya. NIM 1914010007. Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB 1)
Octavia Dhary Joan Mulya. NIM 1914010007. Bab I.pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
Octavia Dhary Joan Mulya. NIM 1914010007. Bab III.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (BAB V-Pustaka)
Octavia Dhary Joan Mulya. NIM 1914010007. Bab V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Fulltext)
Octavia Dhary Joan Mulya. NIM 1914010007. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang diketahui lewat observasi dan wawancara dengan pendidik atau peserta didik itu sendiri.Melalui observasi dan wawancara tersebut diperoleh informasi bahwa masih ada peserta didik yang mengantuk dan sibuk dengan aktivitasnya sendiri-sendiri seperti mengerjakan tugas mata pelajaran lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan tipe Quasi EksperimentalDesign dengan desain penelitianPretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang tahun 2022/2023 semester genap.Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan kelas kontrol kelas VIII.2. Hasil penelitian adalah: pertama, rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 35 dan rata-rata nilai pretest di kelas kontrol adalah 37. Kedua, rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen adalah 46 dan rata-rata nilai posttest di kelas kontrol adalah 34. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,016 sedangkan sig u yaitu 0,05. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa 0,016 < 0,05 artinya H0 yang berbunyi tidak terdapatnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap minat belajar peserta didik ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif, The Power of Two, Minat Belajar, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:05
Last Modified: 06 Oct 2023 08:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item