PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD/MI

NOVIKA SARI, WIWIK (2023) PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD/MI. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, Lembar pengesahan, persetujuan pembimbing, pernyataan keaslian skripsi, kata pengantar, daftar isi)
WIWIK NOVIKA SARI 1914070046 Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
WIWIK NOVIKA SARI 1914070046 BAB I.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
WIWIK NOVIKA SARI 1914070046 BAB III.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
WIWIK NOVIKA SARI 1914070046 BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (FULLTEXT)
WIWIK NOVIKA SARI 1914070046 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI, ditulis oleh Wiwik Novika Sari NIM 1914070046. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelangkangi oleh peserta didik belum berperan aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran karena guru menggunakan metode ceramah membuat anak-anak menjadi bosan dan tidak menyimak. Sehingga berdampak terhadap kemampuan menyimak peserta didik kelas V SDN 13 Koto Besar tahun ajaran 2022/2023. Hal ini terlihat dari penilaian harian tema 9 peserta didik kelas V A dari 20 peserta didik 12 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal persentase 60% dan yang tidak tuntas 8 peserta didik dengan pesentase 40%. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode Permainan Bisik Berantai dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak menggunakan metode permainan bisik berantai dan tanpa menggunakan metode permainan bisik berantai kelas V 13 Koto Besar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas V A dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan dpertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V A dan kelas kontrol V B. teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji normalitas, ujihomogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kemampuan menyimak meningkat dari nilai pre test 70 menjadi post test 80 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar kemampuan menyimak kelas kontrol pre test 66,5 menjadi post test 68. Berdasarkan uji t dengan SPSS versi 29 atau hasil analisis diperoleh a sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar -= 0,007 dengan dasar pengambilan keputusan apabila a sig a <0,05 Dan Thitung > Ttabel maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,007<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H_0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Metode Permainan Bisik Berantai ditolak dan H_a diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan menyimak ketika menggunakan Metode Permainan Bisik Berantai dibandingkan metode konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 13 Koto Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Bisik Berantai, Keterampilan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:26
Last Modified: 11 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item