Hesmiwet, Susanti (2018) Pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap Layanan informasi Bidang Bimbingan Belajar di MTsN Lembah Gumanti kabupaten Solok. Skripsi thesis, Uin Iman Bonjol Padang.
|
Text (COVER DAN DAN DAFTAR PUSTAKA)
COVER dan ABSTRAK IWET.pdf - Published Version Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI PENUH)
full skripsi iwet.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Hesmiwet Susanti, NIM. 1314030053, Judul Skripsi “Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII Terhadap Materi Informasi Bidang Bimbingan Belajar Di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Kosentrasi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Iman Bonjol Padang. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah ketika guru bimbingan dan konseling memberikan layanan informasi bidang bimbingan belajar kepada peserta didik guru bimbingan dan konseling mengungkapkan bahwa ditemukannya peserta didik yang belum aktif, tidak bertanya terhadap tujuan dan kegunan layanan informasi bidang bimbingan belajar diberikan, maka dari itu guru bimbingandan konseling belum tahu apakah peserta didik paham atau tidak akan informasi bidang bimbingan belajar yang diberikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap layanan informasi bidang bimbingan belajar di MTsN Lembah Gumanti, dan yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini meliputi materi layanan informasi bidang bimbingan belajar tentang kebiasaan belajar efektif, pengaruh perubahan fisik dan pisikis terhadap belajar, hubungan teman sebaya dalam belajar, dan motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap materi layanan informasi bidang bimbingan belajar di MTsN Lembah Gumanti meliputi kebiasaan belajar efektif, pengaruh perubahan fisik dan pisikis terhadap belajar, hubungan teman sebaya dalam belajar, dan motivasi dalam belajar. Salah satu kegunaan hasil penelitian ini adalah sebagai informasi bagi para mahasiswa, dosen, guru, peserta didik, dan semua pembaca bagaimana pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap materi layanan informasi bidang bimbingan belajar di MTsN Lembah Gumati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “field research” (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII pada tahun ajaran 2017/ 2018 yang juga menjadi sample. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Lembah Gumanti. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok, teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah teknik rondom sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara di acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti terhadap materi layanan informasi bidang bimbingan belajar pada umumnya peserta didik berada pada kategori kurang paham (sedang), baik pada materi kebiasaan belajar, pengaruh fisik dan psikis terhadap belajar, hubungan teman sebaya dalam belajar, dan motivasi belajar. Disamping itu masih ada sebagian kecil peserta didik yang tidak memahami untuk semua indikator.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 27 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 08:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 08:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1416 |
Actions (login required)
View Item |