KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI MAN 1 SOLOK

Sawatul, Zamra (2018) KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI MAN 1 SOLOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (Cover, persetujuan pembimbing, abstrak)
cover, persetujuan, abstrak azam.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
10 BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12 BAB III.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
13 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
14 BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (GABUNGAN)
ZAM FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kesesuaian Antara Perencanaan dengan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah kelas XI di MAN 1 Solok” oleh Sawatul Zamra, NIM 1314090491 pada Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum sepenuhnya sesuai antara perencanaan yang dibuat oleh guru dengan pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI di MAN 1 Solok, hal ini dikarenakan apa yang dirancang dalam RPP sering kali tidak sesuai dengan pelaksanaan dalam kelas seperti waktu yang telah ditentukan, dan penggunaan media. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Solok dan mengetahui kendala menyesuaikan RPP dengan pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Solok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber datanya adalah RPP mata pelajaran sejarah kelas XI semester ganjil dan observasi pembelajaran sejarah pada kelas XI di MAN 1 Solok. Sedangkan analisis data melalui reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama, belum sepenuhnya sesuai antara perencanaan dengan pelaksanaan di dalam kelas, hal ini dibuktikan dengan guru jarang memberikan motivasi, malah ada juga yang tidak melakukan apersepsi, sedangkan dalam kegiatan inti kadangkala dalam kegiatan 5 M belum berjalan sesuai dengan pendekatan saintifik, dan dalam kegiatan penutup kadangkala guru tidak melakukan evaluasi. Kedua, kendala yang ditemukan adalah (a) tidak semua rumusan dan tujuan sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran dalam kelas (b) kesulitan dalam mengumpulkan informasi karena keterbatasan sumber (c) penggunaan media yang direncanakan sering tidak digunakan di dalam kelas (d) keterbatasan waktu. Kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Tanpa perencanaan maka pelaksanaan tidak akan tecapai sepenuhnya. Kata kunci: Kesesuaian, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 03:49
Last Modified: 16 Jul 2018 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item