Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Timeline terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 5 Bukittinggi

'Ulya, Afifah (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Timeline terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (883kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version

Download (994kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WATERMARK.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V WATERMAK AFIFAH 'ULYA.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT SKRIPSI AFIFAH 'ULYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran timeline terhadap keterampilan berpikir kronologis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi tahun ajar 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII-4 dan kelas kontrol adalah VII-1 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kronologis kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran timeline berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan keterampilan berpikir kronologis kelas kontrol yang tidak menerapkan metode timeline klasidikasi sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,007 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran timeline terhadap keterampilan berpikir kronologis peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Penerapan, Metode Timeline, Kemampuan Berpikir Kronologis.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:14
Last Modified: 05 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item