Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Di SMAN 1 Gunung Talang

Vabiola, Nika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Di SMAN 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER)
Cover..pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Watermark.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III wetermark.pdf - Published Version

Download (983kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fulltext ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu; (1) Untuk mengetahui gambaran post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen (2) Untuk mengetahui gambaran post-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMAN 1 Gunung Talang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Gunung Talang tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah X E 1 dan kelas kontrol adalah X E 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test 105,19 dan kelas kontrol memiliki rata-rata post-test 78,33. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa h_o ditolak dan h_aditerima artinya terdapat pengaruh yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran think, talk, write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMAN 1 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Think, Talk, Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:48
Last Modified: 05 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item