Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Edutainment Terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh

Afifah, Nur (2023) Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Edutainment Terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
NUR AFIFAH 1914010069_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu penggunaan metode edutainment untuk dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik karena dalam metode ini terdapat hiburan yang membuat suasana belajar menjadi gembira dan kondusif. Metode ini memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mampu memberikan perubahan dalam diri peserta didik. Metode ini diterapkan dalam pelajaran SKI supaya proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bisa menambah minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, karena kendala dalam proses pembelajaran SKI ini yaitu peserta didik yang kurang menikmati setiap proses pembelajaran sehingga membuat minat belajar mereka menjadi berkurang yang ditakutkan akan berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk dapat mengetahui gambaran minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran SKI dengan menggunakan pembelajaran tradisional. (2) Untuk dapat mengetahui gambaran minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran SKI dengan menggunakan pembelajaran edutainment. (3) Untuk dapat mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran edutainment untuk Kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh untuk meningkatkan minat belajar situasional dan hasil belajar kognitif peserta didik terhadap pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPK 3 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPK 1. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu proses pembelajaran sebelum digunakannya metode pembelajaran edutainment kurang diminati oleh peserta didik, setelah diterapkannya metode edutainment dalam proses pembelajaran peserta didik terlihat lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Penggunaan metode edutainment ini meenunjukkan peningkatan dalam minat belajar peserta didik sebelumnya berada pada rata-rata 105,41 meningkat menjadi 108,56 dan begitu juga dengan hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang baik. Ini menunjukkan bahwa penggunaan metode edutainment mampu meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Man 2 Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran edutainment, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:36
Last Modified: 04 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13926

Actions (login required)

View Item View Item