PENGINTEGRASIAN NILAI KEISLAMAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 23 PAINAN UTARA KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Desi, Ratna Dewi (2018) PENGINTEGRASIAN NILAI KEISLAMAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 23 PAINAN UTARA KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
Kata Persembahan.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengintegrasian Nilai Keislaman dalam Keterampilan Menulis Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V di SDN 23 Painan Utara Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan” disusun oleh DESI RATNA DEWI, NIM 1314070362 pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan pengintegrasian nilai keislaman dalam keterampilan menulis karangan deskripsi oleh pendidik kelas V dalam pembelajaran, peserta didik kesulitan dalam memadukan keilmuan secara umum dengan keilmuan agama di dalam menulis karangan deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana langkah-langkah pendidik dalam pengintegrasian nilai keislaman pada keterampilan menulis deskripsi berkaitan dengan ayat qauliyah (Ar Rum ayat 41), 2) apa saja kendala yang dihadapi pendidik dalam pengintegrasian nilai keislaman dalam menulis deskripsi berkaitan dengan ayat qauliyah (Ar Rum ayat 41). Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam menulis deskripsi yang berkaitan dengan ayat qauliyah (Ar Rum ayat 41). Tujuan penelitian ini adalah untuk pendeskripsian nilai-nilai keislaman di dalam keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas V SDN 23 Painan Utara Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik analisis data melalui: Meringkas data, reduksi data, penyajian data, analisis data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan: dalam menulis karangan deskripsi pendidik belum menerapkan nilai-nilai keislaman, pendidik hanya menyajikan materi karangan deskripsi secara umum, adapun kendala di dalam mengintegrasikan nilai keislaman dalam menulis karangan deskripsi adalah Pertama kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru, kedua pendidik belum terlatih dalam menggunakan kurikulum 2013, ketiga tenaga pendidik umumnya berasal dari pendidikan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 01:29
Last Modified: 20 Jul 2018 01:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item