Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Fisika Kelas X SMA/MA

Fadillah, Emilia (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Fisika Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
cover dll.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
bab 5- daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text emilia Fadillah Fisika .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Emilia Fadillah, NIM. 1914080044, Pengembangan E-Modul berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Fisika Kelas X SMA/MA. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan abad 21, yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas atau yang biasa disebut dengan 4C. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Indonesia masih dalam kategori rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan harus mampu mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan teknologi informasi dan digital dalam pembelajaran. Pendidik harus menggunakan teknologi digital, salah satunya dengan mengembangkan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation yang valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fisika Kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas,dan lembar observasi. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika dan 20 orang peserta didik kelas X di SMA N 10 Bungo. Uji keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dalam pembelajaran di berikan kepada dua orang observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation sudah valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fisika SMA/MA Kelas X. Kevalidan e-modul tersebut mempunyai rata-rata 90,3% dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 92.5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keterlaksanaan Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dalam pembelajaran berada dalam kategori “ sebagian besar terlaksana” dan percentages of agreement untuk sesi I berada pada kriteria Good Agreement. Jadi, e-modul yang dikembangkan sudah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci : E-modul, Discovery Learning, PhET Simulation, Berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Discovery Learning, PhET Simulation, Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 24 Sep 2023 01:31
Last Modified: 24 Sep 2023 01:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item