Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang

Irfanda, Hamzah (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text (Cover_Pengesahan_persetujuan pembimbing_kata pengantar_daftar isi)
Cover_Pengesahan_persetujuan pembimbing_kata pengantar_daftar isi.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I - Hamzah 2120010021.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - Hamzah 2120010021.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - Hamzah 2120010021.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (Full Texs Thesis)
Tesis - Hamzah Irfanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang ”disusun oleh Hamzah Irfanda NIM 2120010021 Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2023. Latar Belakang masalah Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila salah satu program sekolah dengan menyediakan alokasi waktu untuk kegiatan selama 15 menit setiap hari ketika dalam memulai pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an ,dan melanjutkan pembacaan Asmaul Husna Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis (1) Bagaimana Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMA) Negeri 9 Padang (2) Bagaimana Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Yang Melibatkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (SMA) Negeri 9 Padang (3) Bagaimana Bentuk Budaya Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Serta Akhlak Mulia (SMA) Negeri 9 Padang Jenis penelitian ini adalah fenomena yang digunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif sumber data dalam penelitian ini adalah orang-orang yang sangat memahami permasalahan yang diteliti di lokasi penelitian yakni SMA Negeri 9 Padang teknik pengumpulan data adalah wawancara,observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru menyiapkan modul untuk sebagai administrasi sekolah dan menjadi pegangan dalam proses pembelajaran dalam sekolah, pentingnya modul ajar dalam proses pembelajaran oleh guru di kelas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terstruktur dapat mengacu pada modul yang telah disediakan dan dilaksanakan agar tujuan ,capaian pembelajaran dapat berjalan dengan baik, (2) Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik, Dalam kegiatan proyek ada beberapa tahapan yang mesti dilalui diantaranya pengenalan projek Alur Kegiatan, dengan tema Mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis kemudian mengidentifikasi antara sampah organik dan anorganik sampai pada pameran karya yang ditampilkan, (3) budaya projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah menengah atas negeri 9 padang 15 menit pertama sebelum dimulainya proses belajar mengajar oleh guru atau proses belajar mengajar , peserta didik diajak untuk berdoa serta menyerahkan diri kepada Allah SWT bahwa segala ilmu yang kita terima pada saat ini merupakan karunia dari Allah Swt serta berkat izin Allah Swt, kemudian peserta didik melanjutkan membaca Al Quran terutama ayat-ayat pendek Juz Amma ,setelah itu peserta didik diajak untuk melantunkan Asmaul Husna secara bersamaan, kemudian pada hari jumat pagi peserta didik di menyampaikan kultum jumat,agar peserta didik terlatih untuk menyampaikan dakwah Islam kepada khalayak ramai dan juga menyanyikan lagu islami seperti nasyid. Kata Kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:59
Last Modified: 02 Jan 2024 04:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

View Item View Item