Sari, Julmaisa Helpita (2023) Peranan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (cover,abstrak,pengesahan,daftar isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (BAB V Dan Daftar Pustaka)
BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (FULL Text)
ilovepdf_merged (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada Peserta didik lebih cenderung hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dan tidak ada timbal balik dari peserta didik. Permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran PAI adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, maka peserta didik memiliki tingkat keingin tahuan yang tinggi dengan materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Jadi pentingnya peran guru dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis. Guru memiliki banyak peranan dalam dunia pendidikan. Seperti halnya peran guru di SMA Negeri 1 Painan dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik. Maka penulis memfokuskan permasalahan penelitian ini yaitu pada peranan guru dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Painan. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu : (1) Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pai di SMA Negeri 1 Painan (2) Untuk mengetahui apa hambatan yang dihadapi guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai di SMA Negeri 1 Painan (3) Untuk mengetahui apa upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi hambatan untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai di SMA Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Painan sudah dilakukan dengan peran guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan guru sebagai evaluator. Namun dilihat dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa guru PAI dalam meningkatkan berfikir kritis sudah cukup baik dalam meningkatkan berfikir kritis, hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan strategi, model dan metode pembelajaran di dalam kelas. Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Painan yaitu Kurangnya konsentrasi belajar peserta didik disebabkan oleh faktor dirinya sendiri dan faktor diluar dirinya sendiri. Upaya yang dilakukan guru dalam guru dalam menanggulangi hambatan untuk meningkatkan berfikir kritis peserta didik Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran yang relevan, dan menggunakan model serta metode diskusi untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis terhadap materi PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru , Keterampilan Berfikir Kritis, Pembelajaran PAI Peranan Guru , Keterampilan Berfikir Kritis, Pembelajaran PAI |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 01:00 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 01:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13779 |
Actions (login required)
View Item |