Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 5 Solok Selatan

Ananda, Tryana Rizqha (2023) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 5 Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, dll)
Cover dan seterusnya Try.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Full Text Bab 1-5)
FULL TEXT TRYANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 5 Solok Selatan Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 5 Solok Selatan tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Pendidik belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi yang menyebabkan pembelajaran cenderung monoton dan membosankan yang membuat peserta didik menjadi pasif di kelas sehingga banyak yang tidak memperhatikan pendidik dan banyak yang mengobrol saat proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya minat belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card (2) Untuk mengetahui meningkatnya minat belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP N 5 Solok Selatan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling jenuh atau total sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII B dan kelas kontrol adalah VII A. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test minat belajar peserta didik kelas eksperimen 93.14 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 88.68. berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 29 dapat diperoleh signifikan dalam dua sisi (2-tailed) sebesar 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa ho ditolak dan ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensioanal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP N 5 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay Learning Model Assisted
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:12
Last Modified: 15 Sep 2023 02:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13730

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item