Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembah Melintang

Lathifah, Ummi (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
SKRIPSI UMMI LATHIFAH Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I skripsi.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III skripsi.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V skripsi.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI UMMI LATHIFAH FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya tingkat kreativitas peserta didik yang ditandai dengan adanya permasalahan peserta didik kesulitan dalam memecahkan masalah, kesulitan dalam mengemukakan pendapat, penyampaian materi yang digunakan masih menggunakan metode konvensional, berkaitan dengan masalah tersebut, dicoba menerapkan metode pembelajaran Buzz Group dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan metode pembelajaran Buzz Group dalam pembelajaran PAI dalam peningkatan kreativitas peserta didik di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design, populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 dan kelas VIII.5 pada tahun ajaran 2022 /2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket. Data yang diambil diuji menggunakan uji Hipotesis Independent Sample Test. Hasil uji T pada penelitian ini diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,032 sedangkan sig a yaitu 0,05 yang artinya 0,032 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, tingkat kreativitas peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Buzz Group lebih baik dibandingkan kreativitas peserta didik yang tidak diajarkan metode pembelajaran Buzz Group. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan kreativitas peserta didik yang lebih baik di SMP Negeri 1 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan, metode Buzz Group, kreativitas
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Sep 2023 17:05
Last Modified: 04 Oct 2023 06:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item