Pengaruh Penggunaan Metode Simak Terka terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI

Dewi, Mela Erva Purnama Dewi (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Simak Terka terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Mela Erva Purnama Dewi (1914070078) PGMI'19 Cover, dll)
COVER dll.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (Mela Erva Purnama Dewi (1914070078) PGMI BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Mela Erva Purnama Dewi (1914070078) PGMI BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (Mela Erva Purnama Dewi (1914070078) PGMI BAB 5 & Daftar Pustaka)
BAB 5 & DAFPUT.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Mela Erva Purnama Dewi (1914070078) PGMI Fulltext)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat peserta didik relatif rendah dalam keterampilan menyimak yaitu pada indikator memperhatikan, memahami, dan menanggapi bahan simakan khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini berdampak secara tidak langsung terhadap hasil belajar peserta didik dan hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada penilaian harian pembelajaran bahasa Indonesia materi memahami dan mengambil informasi penting dari teks deskripsi yaitu kelas V A dari 22 peserta didik 7 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan yang tidak tuntas 15 peserta didik. Sedangkan kelas V B dari 21 peserta didik 11 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan yang tidak tuntas 10 peserta didik . Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode Simak Terka dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode simak terka terhadap keterampilan menyimak peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD/MI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Penelitian ini dilakukan di SD N 33 Tanjung Saba. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD N 33 Tanjung Saba. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V A dan kelas kontrol V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 29. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 29 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,028 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α <0,05 dan Thitung > Ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,028 < 0,05) dan thitung (2,275) > ttabel (2,020). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan dalam keterampilan menyimak peserta didik antara sebelum dan sesudah penggunaan metode simak terka. Artinya, terdapat pengaruh metode simak terka terhadap keterampilan menyimak peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Simak Terka, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:26
Last Modified: 03 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item