Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur`An Siswa Kelas IV SDI Tahfizh Al-Hikmah Aur Gading Kabupaten Sijunjung

Putri, Sintia Dwi (2023) Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur`An Siswa Kelas IV SDI Tahfizh Al-Hikmah Aur Gading Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover)
cover Sintia Dwi Putri 1914070060-1-11.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Sintia Dwi Putri (PGMI 19) FTK BAB I)
6. PDF BAB I.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Sintia Dwi Putri (PGMI 19) BAB III)
8. PDF BAB III.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Sintia Dwi Putri (PGMI 19) FTK BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (Fulltext)
full skripsi Sintia Dwi Putri 1914070060.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada perbedaan hafalan dan kemampuan menghafal al-Qur`an siswa kelas IV SDI tahfizh Al-Hikmah, adanya siswa yang kurang kesungguhan dan kurang fokus dalam menghafal aL-Qur`an, untuk dapat meningkatkan hafalan siswa sekolah melakukan kolaborasi dengan orang tua dalam meningkatkan hafalan siswa. Tidak hanya di sekolah oleh guru tetapi juga di rumah oleh orang tua. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kolaborasi yang dibangun antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan siswa kelas IV SDI Tahfizh Al-Hikmah Aur Gading Kabupaten Sijunjung dan apa upaya guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan siswa kelas IV SDI Tahfizh Al-Hikmah Aur Gading Kabupaten sijunjung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan pertama, bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan siswa kelas IV SDI Tahfizh Al-Hikmah, pertama peran orang tua dalam meningkatan hafalan berupa pendampingan siswa muraja`ah di rumah oleh orang tua, adanya komunikasi langsung dan tidak langsung antara guru dan orang tua, menggunakan buku control dan kegiatan wirid bulanan. Kedua, upaya guru dan orang tua dalam meningkat hafalan siswa, guru dalam meningkatkan hafalan siswa di sekolah menggunakan metode muraja`ah talqin,talaqqi, hafalan dalam pembelajaran, memberikan pendampingan khusus kepada siswa yang kurang dalam menghafal, memberikan motivasi kepada siswa, pemilihan waktu pembelajaran tahfizh yang tepat, memberikan tugas muraja`ah kepada siswa, memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi. Upaya orang tua dalam meningkatkan hafalan anaknya di rumah dengan mendampingin anak setiap hari muraja`ah, mendengarkan murottal dalam keseharian, memberikan hadiah setiap hafalan bertambah dan hukuman jika tidak mau muraja`ah, dan tambahan belajar tahfizh di luar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru dan orang tua, kemampuan menghafal
Subjects: L Education > L Education (General)
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Teknik dan Prosedur Penunjang Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:49
Last Modified: 08 Oct 2023 18:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item