Muhammadi, Edwin (2023) Pembentukan karakter religius, disiplin dan mandiri peserta didik melalui sistem boarding school(sekolah berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover dll Watermark.docx - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I Watermark.docx - Published Version Download (350kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Watermark.docx - Published Version Download (341kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V Watermark.docx - Published Version Download (354kB) |
|
Text (Fulltext)
Skripsi Full Watermark Edwin.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi ini adalah “Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Mandiri Peserta Didik Melalui Sistem Boarding School (Sekolah Berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat” ditulis oleh Edwin Muhammadi 1914010053 Program Studi Pendidikan Agam Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pembentukan karakter sangat penting sekali untuk dilakukan, karena karakter merupakan acuan bagi seseorang dalam bertindak dan berbuat, jika karakter seseorang bagus maka akan melahirkan sikap dan akhlak yang bagus juga. Dan jika karakter seseorang buruk maka akan melahirkan sikap dan perbuatan yang buruk juga. SMKN 1 Sumatera Barat hadir untuk mengatasi masalah karakter peserta didik dengan membuka program boarding school atau sekolah berasrama, yang diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai islami. Sehingga menjadikan peserta didik berakhlak mulia dalam kehidupannya serta memperoleh keberhasilan untuk masa depannya. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pembentukan karakter religius peserta didik melalui sistem boarding school (sekolah berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat. (2) Untuk mengetahui pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui sistem boarding school (sekolah berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat. (3) Untuk mengetahui pembentukan karakter mandiri peserta didik melalui sistem boarding school (sekolah berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik melalui sistem boarding school (sekolah berasrama) di SMKN 1 Sumatera Barat sudah terlaksana dan tercapai dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan asrama yang diikuti oleh peserta didik seperti: Sholat berjamaah ke masjid setiap waktu, membaca al-ma’surat dan mengikuti kegiatan pembelajaran asrama setiap malamnya yaitu tahfidz, pembelajaran fiqh, sejarah Islam, pelatihan dakwah dan lainnya. Pembentukan karakter disiplin peserta didik juga sudah terlaksana dan tercapai dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan peserta didik yang teratur dan terjadwal seperti mulai dari bangun tidur, pergi ke sekolah, pulang sekolah, kemudian pergi ke masjid untuk pembelajaran malam, sampai waktu tidurnya juga diatur jamnya. Dan pembentukan karakter mandiri peserta didik sudah terlaksana dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari aktivitas dan kegiatan keseharian peserta didik yang dilakukannya secara mandiri seperti: mencuci pakaian sendiri, menyeterika dan melipat pakaian sendiri, membuat tugas sekolah, merapikan kamar dan lainnya. Kata Kunci: Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Mandiri, Boarding School
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan karakter Religius, Disiplin dan Mandiri, Boarding School, SMKN 1 Sumatera Barat |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum U Umum (General) Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 16:13 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 16:16 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13631 |
Actions (login required)
View Item |