Posisi Buang Air Kecil Menurut Masyarakat Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Living Hadis)

Pratama, Rahmendra (2019) Posisi Buang Air Kecil Menurut Masyarakat Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Rahmendra Pratama - Cover.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (BAB I)
Rahmendra Pratama - BAB I.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (BAB II)
Rahmendra Pratama - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (BAB III)
Rahmendra Pratama - BAB III.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
Rahmendra Pratama - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img] Text (BAB V)
Rahmendra Pratama - BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Rahmendra Pratama - DAPUS.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (FULLTEXT)
Rahmendra Pratama - FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebiasaan buang air kecil darimasyarakat laki-laki terutama di Nagari Sago Salido. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum laki-laki dalam membuang air kecil yakni berdiri yang tidaksesuai dengan ajaran islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanapandangan atau persepsi kaum masyarakat laki-laki yang ada di Nagari SagoSalido terhadap posisi buang air kecil jika dikaitkan dengan hadis Nabi SAW.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifatkualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, dengansumber data: masyrakat laki-laki yang ada di Nagari Sago Salido. Adapun tujuandari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengetahuan masyarakat laki-lakiterhadap hadis-hadis tentang posisi buang air kecil yang benar menurut islam.Hasil penelitian ini mengungkapkan 3 penemuan tentang posisi buang airkecil di kalangan masyarakat nagari sago salido, yaitu: (1). masyarakat SagoSalido pada umumnya hanya mengetahui isi yang terkandung dalam hadis-hadismengenai buang air kecil walaupun dalam mengamalkan hadis-hadis tersebuttidak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat tersebut. Adasebagian pengamalannya dikarenakan pengetahuan yang diperoleh dari pengajian,ceramah dan lainnya sehingga dapat melaksanakan hadis dari RasulullahSAW.(2). Pengamalan masyarakat laki-laki Nagari Sago Salido Kecamatan IVJurai Kabupaten Pesisir Selatan tentang posisi buang air kecil masih ada sebagianyang hanya mengetahui tentang hadis tanpa melakukannya dalam kehidupansehari-hari dan ada juga yang sudah melakukan dengan benar tentang posisibuang air kecil. (3). Masyarakat masih belum mengamalkan hadis-hadis danajaran agama islam tentang posisi buang air kecil yang benar, meskipun banyakyang sudah mengetahui tentang posisi buang air kecil yang benar tetapimasyarakat kaum laki-laki ketika buang air kecil masih banyak dalam keadaanberdiri di karenakan dengan alasan malas dan terdesak ingin mengeluarkan buangair kecil sehingga lupa dan tidak ingat mengenai tata cara buang air kecil yangbenar menurut islam.Sebagian dari masyarakat juga ada yang mengetahui danmengamalkan tentang posisi buang air kecil yang benar. Namun juga ada yangtidak tahu sama sekali tentang posisi buang air kecil yang benar dikarenakanfaktor eksternal yaitu dari pihak keluarga, dan pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Murnahayat UPT Perpustakaan Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:28
Last Modified: 12 Sep 2023 04:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item View Item