Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Siti Khadijah Kota Padang

Joan Mulya, Octavia Dara (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Siti Khadijah Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover, dll.)
Octavia Dara Joan Mulya_1914010006_Cover.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text (BAB I)
Octavia Dara Joan Mulya. NIM 1914010006. Bab I.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB III)
Octavia Dara Joan Mulya. NIM 1914010006. Bab III.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Octavia Dara Joan Mulya. NIM 1914010006. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Octavia Dara Joan Mulya. NIM 1914010006. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Octavia Dara Joan Mulya NIM 1914010006, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Siti Khadijah Padang, Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik yang diketahui lewat observasi dan wawancara dengan guru atau peserta didik itu sendiri. Melalui observasi dan wawancara tersebut diperoleh informasi bahwa masih ada peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran, masih adanya peserta didik yang malu bertanya apabila tidak paham dengan materi dan masih ada peserta didik yang malu mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan tipe Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang tahun 2022/2023 semester genap. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 2 dan kelas kontrol kelas VIII 1. Alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik secara signifikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 36, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 28,29. Dibuktikan dengan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 29 diperoleh signifikansi a dalam 2 sisi (2 tailed) sebesar = 0,002, maka diambil kesimpulan bahwa (0,002 < 0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak, artinya Ha terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dibandingkan dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Siti Khadijah Padang. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif, The Learning Cell, Keaktifan Belajar, dan Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif, The Learning Cell, Keaktifan Belajar, dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Sep 2023 17:09
Last Modified: 17 Sep 2023 17:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item