Dzil Fadli Anwar, Dzil (2018) Hubungan Antara Frustasi dengan Prilaku Agresif Peserta Didik Kelas IX di MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (cover, persetujan pembimbing, abstrak)
cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (bab I)
9. BAB I.pdf - Published Version Download (485kB) | Preview |
|
Text (bab II)
10. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
Text (bab III)
11. BAB III.pdf - Published Version Download (790kB) |
||
Text (bab IV)
12. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
||
Text (bab V)
13. BAB V.pdf - Published Version Download (178kB) |
||
Text (daftar pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (173kB) |
||
Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hubungan antara Frustrasi dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas IX di MTsN 1 Pesisir selatan” yang ditulis oleh Dzil Fadli Anwar, NIM. 1314030622 mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk dan tingakat perilaku agresif yang dilakukan oleh peserta didik serta frustrasi yang dialaminya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frustrasi dengan perilaku agresif peserta didik kelas IX MTsN 1 Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian ini menggunakan skala frustrasi dan skala perilaku agresif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Product Moment yang sebelumnya diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat frustrasi peserta didik kelas IX yang berjumlah 35 orang sebagi sampel, berada pada tingkat menengah keatas dengan pesentase 86% dan begitu pula dengan perilaku agresifnya dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil uji korelasi antara frustrasi dengan perilaku agresif diperoleh hasil rhitung sebesar 0,516. Nilai rtabel pada taraf signifikan 5% = dan pada taraf signifikan 1% = , sehingga dengan demikian rhitung > rtabel yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara frustrasi dengan perilaku agresif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi frustrasi maka semakin tinggi pula perilaku agresif peserta didik kelas IX di MTsN 1 Pesisir Selatan. Frustasi ada;ah Sesuatu yang menghambat tercapainya suatu tujuan yang ingin dicapai. Dia (kekecewaan) juga adalah keadaan emosi dan motivasi yang dirasakan oleh seseorang jika ia menghadapi rintangan yang menghalanginya untuk memuaskan motivasi-motivasinya. Maksud penulis mengenai frustrasi dalam penelittian adalah perasaan kecewa atau jengkel akibat terhalang dalam pencapaian tujuan. prilaku agresif adalah Perilaku yaitu respon (reaksi, tanggapan, jawaban, balasan,) yang dilakukan oleh suatu organisme. Sedangkan perilaku Agresif menurut Berkowitz, adalah bentuk prilaku yang bertujuan untuk menyakiti seseorang, baik secara fisik maupun mental. Maksud penulis mengenai prilaku agresif adalah tingkah laku bersifat negatif yang diniatkan atau dilakukan dengan sengaja untuk melukai orang lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut, sehingga dapat merugikan dan menyakiti orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 27 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2018 04:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1347 |
Actions (login required)
View Item |