Pengaruh media pembelajaran video animasi Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Smp Negeri 1 Ampek Angkek

Azahra, Amertya (2023) Pengaruh media pembelajaran video animasi Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Smp Negeri 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB 5 dan Dapus)
BAB 5 dan Dapus.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (skripsi watermak Amertya Azahra fix gabungan)
skripsi watermak Amertya Azahra fix gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampek Angkek” ditulis oleh Amertya Azahra 1914010130 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatar belakangi penulisan skripsi ini. Guru belum menggunakan media yang bervariasi ketika melakukan pembelajaran sehingga peserta didik kurang memperhatikan dan merasa bosan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran video animasi powtoon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerdi di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajar 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII-6 dan kelas kontrol adalah VIII-4. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran video animasi powtoon berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan media pembelajaran video animasi powtoon klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,028 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak yang artinya terdapat pengeruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampek Angkek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:26
Last Modified: 06 Sep 2023 08:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item