Penerapan Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, Dan Reflect) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN 46 Kuranji Padang. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Yulia, Rahma (2023) Penerapan Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, Dan Reflect) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN 46 Kuranji Padang. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
1914070105 Rahma Yulia Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1914070105Rahma Yulia BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
1914070105 Rahma Yulia BAB III.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
1914070105 Rahma Yulia BAB V dan Daftar Pustaka 2.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Skripsi full)
1914070105 Rahma Yulia Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemasalahan kemampuan membaca pemahaman yang mana peserta didik belum sepenuhnya dapat memahami isi bacaan yang benar. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti: cara membaca yang belum tepat meliputi intonasi, artikulasi (pengucapan), dan pemahaman tanda baca seperti titik, koma dan tanda kutip. Salah satu cara yang dapat digunakan menggunakan metode OK5R dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode OK5R. Kedua, mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tanpa menggunakan metode OK5R. ketiga, mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas yang menggunakan metode OK5R dan dibandingkan kelas yang tidak menggunakan metode OK5R. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B. pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (total sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IV A dan kelas kontrol IV B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan metode OK5R mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori cukup efektif terbukti dari N-Gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,62 atau 62% dengan nilai N-Gain minimum 0,19 dan maksimum 0,92, sedangkan pada kelas tanpa menggunakan metode OK5R mengalami peningkatan namun peningkatannya pada kategori kurang efektif terbukti dari N-Gain untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,36 atau 36% dengan nilai minimum 0,04 dan maksimum 0,73, kemudian terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dibanding kelas kontrol terbukti dari Thitung> Ttabel yaitu 3.066 > 2,03693. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode OK5R cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode OK5R, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:57
Last Modified: 01 Feb 2024 04:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item