Novelia, Novelia (2023) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai religius pada anak Tunagrahita di SLB N 1 Alahan Panjang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (771kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (308kB) |
|
Text (SKRIPSI + LAMPIRAN)
SKRIPSI FULL + LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Judul Skripsi ini adalah “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai Religius pada Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang” ditulis oleh Novelia 1914010155 Program Studi Pendidikan Agam Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Guru PAI memiliki peran penting dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita. Guru PAI di SLB Negeri 1 Alahan Panjang ketika menerangkan pelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga anak tunagrahita dengan gangguan kecerdasannya sulit untuk memahami materi pelajaran yang diberikan. Seyogyanya peran guru PAI mampu menjadi fasilitator dan penghubung materi ajar dalam menanamkan nilai religius anak tunagrahita, sehingga dengan kekurangannya mereka dapat memahami dan menjalankan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehiduapan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. (2) Untuk mengetahui metode penanaman nilai religius anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Alahan Panjang tentang peran guru PAI dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data ini diperoleh dari guru PAI, kepala sekolah, guru kelas dan anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru PAI dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang adalah: pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai. (2) Metode yang digunakan guru PAI dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Alahan Panjang yaitu: a) Metode uswah atau keteladanan; b) Metode pembiasaan; c) Metode pendidikan dengan nasihat; d) Metode ceramah. (3) Faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam menanamkan nilai religius pada anak tunagrahita diantaranya faktor pendukung: a) Faktor keluarga; b) Faktor lingkungan sekolah; c) Program keagamaan sekolah. Adapun faktor penghambat: a) Faktor sarana dan prasarana; b) Faktor kelemahan intelegensi anak tunagrahita; c) Faktor latar belakang pendidikan; d) Faktor keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Penanaman Nilai Religius, Anak Tunagrahita |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 2 |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:02 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:02 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12998 |
Actions (login required)
View Item |