Pola pembinaan karakter pada Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang dan Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam

Hanton, - (2021) Pola pembinaan karakter pada Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang dan Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Hanton_88315282_S3_Cover dll_compressed.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_BAB I_compressed.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_BAB II_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_BAB III.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_BAB IV_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_BAB V_compressed.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text
Hanton_88315282_S3_Fulltext_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hanton, NIM: 88315282, “ Pola Pembinaan Karakter pada Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang dan Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam”, Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana S.3 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021 Pembinaan karakter merupakan permasalahan yang sangat penting di dalam dunia pendidikan dikarenakan itu merupakan suatu tujuan utamanya. Oleh karena itu lembaga pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk, mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Didalam pelaksanaannya dilapangan tentu masing- masing lembaga pendidikan mempunnyai pola tersendiri dalam pembinaan karakter para santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan 1) Materi, Nilai dan Tradisi dalam Pembinaan Karakter. 2) Strategi Pembinaan Karakter. 3) Perbandingan Pembinaan Karakter Pada Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang dengan Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Adapun sumber data penelitian kepala madrasah, guru dan santri. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Materi pembinaan pendidikan karakter pada Diniyyah Puteri lebih menekankan aspek religius, disiplin, peduli lingkungan yang berbasiskan agama dan tradisi. Diniyyah Pasia mengembangkan aspek religius, disiplin. Nilai yang ditanamkan di Diniyyah Puteri yaitu nilai budaya religius, disiplin dan budaya peduli lingkungan. Nilai yang ditanamkan di Diniyyah Pasia yaitu nilai religius dan disiplin. Tradisi Dinyyah Puteri adalah semua santrinya perempuan, memakai baju kurung basiba, tidak memakai sistem ranking. Tradisi Diniyyah Pasia adalah kebebasan berorganisasi, kelas santri laki-laki dan perempuan dipisah, seluruh santri wajib tinggal di asrama. 2) Strategi pembinaan karakter Diniyyah Puteri adalah menerapkan pola keteladanan dan komitmen mematuhi aturan. Strategi Diniyyah Pasia adalah dengan menerapkan reward dan punishment. 3) Perbandingan pembinaan karakter pada Diniyyah Puteri Padang Panjang berbasiskan agama dan tradisi sementara Diniyyah Pasia lebih cenderung berbasiskan agama. Pembinaan karakter berbasis agama dan tradisi dipandang lebih efektif dalam membentuk kepibadian santri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:40
Last Modified: 19 Jun 2023 08:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12778

Actions (login required)

View Item View Item