Pengembangan strategi Jigsaw pada mata pelajaran Fiqh dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik pada MIN 6 Kota Padang

Marhamah, - (2021) Pengembangan strategi Jigsaw pada mata pelajaran Fiqh dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik pada MIN 6 Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Cover dll_compressed.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Bab 2_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Bab 3_compressed.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Bab 4_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Bab 5.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Marhamah_88315290_S3_Fulltext_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Marhamah, NIM, 88315290. “Pengembangan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta didik Pada MIN 6 Kota Padang”. Disertasi: konsentrasi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2020. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam melakukan kerjasama yang berbasis Islam dalam kegiatan pembelajaran, membuat rendah pula minat belajar peserta didik yang berdampak pada rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi ajar dalam hal ini materi fiqih. Hal ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman dan skil guru dalam penerapan model pembelajaran yang mampu mengkondisikan Peserta didik untuk bisa melakukan kerjasama yang berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pengembangan strategi jigsaw pada mata pelajaran Fiqh di MIN 6 Kota Padang, kemudian untuk mengetahui validitas strategi jigsaw bernuansa Islami pada mata pelajaran Fiqh di MIN 6 Kota Padang, serta untuk mengetahui praktikalitas strategi jigsaw bernuansa Islami pada mata pelajaran Fiqh di MIN 6 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian research dan development dengan menggunakan pendekatan ADDIE terdiri atas 5 tahap utama yaitu analyse(analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Pengumpulan data pada strategi jigsaw ini dilakukan dengan menggunakan angket validitas dan pengembangan strategi jigsaw dalam penelitian ini. Pelaksanaan strategi jigsaw dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang, kemudian pada tahap pelaksanaan dilakukan sesuai dengan komponen model, dan tahap evaluasi dilakukan dengan memberikan tes kepada Peserta didik. Validitas strategi jigsaw bernuansa Islami dilakukan oleh para pakar pendidikan, pakar bahasa dan apakar Pendidikan Islam. Validitas strategi jigsaw bernuansa Islam di dapat rata-rata hasil adalah 92.89% dengan kategori “Sangat valid”. Praktikalitas strategi jigsaw bernuansa Islami dapat dilihat dari keterlaksanaan strategi jigsaw bernuansa Islami secara keseluruhan dengan baik. Ini terlihat dari hasil respon dosen yang memperoleh persentase rata-rata 96.87% dan hasil respon Peserta didik pada uji coba I yang memperoleh persentase rata-rata 94.25% dan pada uji coba ke II yang memperoleh persentase rata-rata 96.39%. Hal ini menunjukkan strategi jigsawbernuansa Islami yang dikembangkan termasuk pada kategori “sangat praktis”. Efektivitas strategi jigsaw bernuansa Islami yang dikembangkan terhadap mahaPeserta didik dilihat dari lebih tingginya nilai rata-rata kelas eksperimen dari kelas control.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:39
Last Modified: 19 Jun 2023 07:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item