Validitas Penafsiran M. Dawam Raharjo dalam Karyanya Ensiklopedi Al-Qur'an Tafsir Sosial berdasarkan Konsep-Konsep Kunci

Siddiqah, Azharia Azizah (2022) Validitas Penafsiran M. Dawam Raharjo dalam Karyanya Ensiklopedi Al-Qur'an Tafsir Sosial berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Validitas Penafsiran M. Dawam Rahardjo dalam Karyanya Ensiklopedi al-Quran (Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci)” ditulis oleh Azharia Azizah Siddiqah NIM 1715050063 Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dari karya tafsir M. Dawam Rahardjo Ensiklopedi al-Quran: (Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci). sedangkan ia bukan seorang yang berlatar belakang keilmuan tafsir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas sumber, corak, metodologi, dan sistematika Ensiklopedi al-Quran, dan mengetahui validitas beberapa tema dalam Ensiklopedi al-Qur’an karya M. Dawam Rahardjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Ensiklopedi al-Quran: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, sedangkan sumber sekundernya yaitu kitab tafsir dan buku lain yang berkaitan dengan penulisan ini. Dalam memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan penelitian deskriptif-analitis yaitu memaparkan semua data kemudian menjelaskannya untuk mendapatkan informasi. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa validitas penafsiran Dawam Rahardjo ini jika dilihat dari tolak ukur validitas maka Secara teori koherensi penafsiran Dawam Rahardjo ini tidak dapat dikatakan valid, karena Dawam tidak menerapkan secara konsisten metodologi yang telah dibentuk oleh mufassir terdahulu. Secara teori korespondensi, maka penafsiran M. Dawam Rahardjo ini dapat dinilai valid karna dalam penafsirannya Dawam banyak memaparkan teori-teori ilmu umum yang dapat membantu memahami makna ayat dan mengaitkan dengan fakta-fakta sejarah dan realitas yang terjadi di zaman sekarang. Secara teori prakmatisme, penafsiran Dawam dapat dikatakan valid karena dinilai dapat memberikan referensi bandingan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan kekinian yang semakin canggih dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:24
Last Modified: 15 Jun 2023 04:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item