Pelaksanaan pembelajaran taman pendidikan al-Qur’an Masjid Raya Nurul ‘Ulum, Masjid Raya Almunawwarah dan Masjid Akbar Baiturrahman di Kabupaten Pesisir Selatan

Ardisal, - (2021) Pelaksanaan pembelajaran taman pendidikan al-Qur’an Masjid Raya Nurul ‘Ulum, Masjid Raya Almunawwarah dan Masjid Akbar Baiturrahman di Kabupaten Pesisir Selatan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Cover dll.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Bab 5.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
Ardisal_88314244_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ardisal, NIM. 88314244, Pelaksanaan Pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an Masjid Raya Nurul ‘Ulum, Masjid Raya Almunawwarah dan Masjid Akbar Baiturrahman di Kabupaten Pesisir Selatan. Disertasi Konsentrasi Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Problem yang terdapat dalam penelitian ini bahwa Taman Pendidikan al-Qur’an merupakan wadah pendidikan Islam yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di Sumatera Barat. Pelaksanaan pembelajarannya cenderung menggunakan metode klasik dan tergantung dalam ide pemikiran guru yang mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an belum ada terdapat kurikulum yang baku pada guru yang mengajar, hal ini tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan sarana dan prasarana yang tersedia di Taman Pendidikan al-Qur’an Masjid Raya Nurul ‘Ulum, Masjid Almunawwarah dan Masjid Akbar Baiturrahman di Kabupaten Pesisir Selatan Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TPA dan Anak TPA, pengurus masjid dan orang tua anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Kabupaten Pesisir Selatan melalui sistem kelas dan non kelas, mengajarkan anak membaca al-Qur’an, membina anak melaksanakan shalat, membina anak melaksanakan puasa membina akidah, ibadah dan akhlak melalui kegiatan didikan subuh, membina akidah, ibadah dan akhlak anak dengan multi metode seperti ceramah, karya wisata, pembiasaan dan latihan, keteladanan, dialog, nasehat, hukuman. Hasil belajar anak Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Kabupaten Pesisir Selatan ada yang sudah terdokumentasi dalam bentuk angka dan ada yang belum. Hasil belajar hanya ditunjukkan dengan kemampuan anak bisa atau tidak membaca al-Qur’an, shalat dan melaksanakan ibadah lainnya. Sarana dan prasarana pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Kabupaten Pesisir Selatan adalah chart, papan tulis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Taman Pendidikan Al-Qur'an
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:56
Last Modified: 15 Jun 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

View Item View Item