Resepsi Estetis terhadap Al-Qur'an di Sanggar Kaligrafi Islam Al-Aqlam UIN Imam Bonjol Padang

Putra, Asep Rahma (2022) Resepsi Estetis terhadap Al-Qur'an di Sanggar Kaligrafi Islam Al-Aqlam UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Resepsi Estetis Terhadap al-Qur’an di Sanggar Kaligrafi Islam al-Aqlam UIN Imam Bonjol Padang”, ditulis oleh AsepRahma Putra Nim. 1715050044, Program Studi Ilmu al-Qur‟an dan TafsirFakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2021.Al-Qur‟an sejak diwahyukan hingga sekarang selalu bersinggungandengan kehidupan manusia, terutama umat Islam. Hal ini memunculkan beragamresepsi umat terhadap kehadiran al-Qur‟an. Resepsi dalam artian bagaimanaseseorang menerima dan bereaksi terhadap al-Qur‟an. Salah satu resepsi itu adalahresepsi estetis yang mengambil sisi keindahan al-Qur‟an dari aspek tulisan(kaligrafi). Penulis mengamati bahwa resepsi estetis ini terjadi di sanggar kaligrafiIslam al-Aqlam UIN Imam Bonjol Padang.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatifdengan memakai teori teori resepsi estetis yang digagas oleh Wofgang Iser.Dalam teori ini, interpretasi diawali dengan proses pembacaan teks kemudianmelahirkan pemahaman. Pemahaman ini direstrukturasikan kembali ke dalambentuk lukisan kaligrafi. Adapun data primer penelitian ini adalah 5 karya koleksikaligrafer sanggar kaligrafi Islam al-Aqlam UIN Imam Bonjol Padang. Sedangkandata sekunder yaitu, buku, jurnal, artikel dan dokumen yang terkait dengan temapenelitian ini.Adapun hasil penelitian adalah: Pertama, struktur teks surat Yusuf ayat 76yang berbicara tentang Allah SWT yang Maha Mengetahui dan pemilik segalapengetahuan. Surat al-Fatihah ayat 4 yang berbicara tentang kebesaran dankekuasaan Allah SWT. Surat al-Baqarah ayat 255 terdapat pokok-pokok agama,yaitu „akidah (kepercayaan), tauhid (mengesakan Allah SWT ) dan tanzih(menyucikan Allah SWT dari segala sesuatu). Surat Ali-Imran ayat 200 berbicaratentang pentingnya sifat sabar, dan struktur teks surat al-„Ashr ayat 1-2 yangmenekankan betapa pentingnya waktu dan bagaimana memanfaatkan waktu yangdiberikan oleh Allah SWT agar kita tidak termasuk orang yang merugi. Kedua,interpretasi yang dilakukan oleh kaligrafer diawali dengan pembacaan terhadapstruktur teks, dengan pembacaan ini lahir pemahaman. Pemahaman inilah yangmendorong imajinasi kaligrafer untuk mengaktualisasikan kembali ke dalambentuk lukisan kaligrafi. Berdasarkan analisis penulis, makna yang dibangun olehkaligrafer dalam lukisannya relevan dengan pemahaman para mufassir terhadapstruktur teks tersebut. Namun kaligrafer juga harus lebih berhati-hati terutamadalam memenggal kata dalam sebuah ayat agar tidak menyalahi makna ayattersebut. Hal ini tergambar jelas dari pengolahan bentuk karya, pewarnaanmaupun simbol-simbol yang dibuat kaligrafer dalam lukisannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:09
Last Modified: 14 Jun 2023 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item