Febrino, - (2021) Model aplikasi e-Learning berbasis proprietary learning management system pada perkuliahan Microteaching di PTKIN. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
Febrino_1820090024_S3_Cover dll.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_bab 5.pdf - Published Version Download (811kB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_daftar pustaka.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text
Febrino_1820090024_S3_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Febrino. NIM. 1820090024. ―Model Aplikasi e-Learning berbasis Proprietary Learning Management System pada perkuliahan Microteaching di PTKIN‖. Disertasi. Padang: Pascasarjana Universitas Negeri Islam Imam Bonjol Padang. 2021 Model Aplikasi e-Learning berbasis Proprietary Learning Management System pada perkuliahan Microteaching di PTKIN dengan produknya Aplikasi e-Microteaching dilatarbelakangi oleh tuntutan inovasi akibat disrupsi Pendidikan. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sebagai lembaga pendidikan Islam dituntut untuk menggunakan e-learning berbasis LMS pada perkuliahan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanan perkuliahan Microteaching perlu diperhatikan fasilitas e-learning-nya untuk menjamin kualitas latihan calon guru. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Open Sourse LMS efektif digunakan dalam perkuliahan namun masih sedikit dosen yang dapat mengembangkannya. Pemilihan Proprietary LMS dapat menjadi solusi untuk dikembangkan. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah memperoleh model aplikasi e-Microteaching yang valid, praktis dan efektif melalui proses pengembangan model. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp (2013). Tahapan pengembangannya adalah preliminary research, prototyping phase dan assessment phase. Pada preliminary reserch dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kajian literatur dan pengembangan kerangka kerja. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototipe, melakukan evaluasi formatif dan revisi prototipe. Evaluasi formatif dilakukan untuk mengetahui kevalidan prototipe model aplikasi e-Microteaching dan buku panduan penggunaan aplikasi. Assessment phase dilakukan untuk mendapatkan model yang praktis dan efektif melalui uji coba terbatas dan uji coba pada lapangan lebih luas. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan angket terhadap dosen dan mahasiswa pada perkuliahan Microteaching dan tenaga administrasi labor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di PTKIN di Sumatera Barat dan Bangka Belitung. Analisis hasil data angket dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model aplikasi e-Learning berbasis Proprietary Learning Management System pada perkuliahan Microteaching di PTKIN yang dikembangkan dalam bentuk aplikasi e-Microteaching dan buku panduan penggunaannya, sudah memenuhi kriteriamodel yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa aplikasi e-Microteaching dan buku panduan penggunaannya sangat valid dari aspek konten, konstruksi dan bahasa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi sangat praktis digunakan dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Dosen, mahasiswa dan admin memberikan apresiasi terhadap produk dan berkeinginan untuk menggunakan kembali pada perkuliahan Microteaching.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:15 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:15 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12735 |
Actions (login required)
View Item |