Pengembangan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis literasi pada mata pelajaran usul fikih di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang

Taufik Hidayat, - (2021) Pengembangan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis literasi pada mata pelajaran usul fikih di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Cover dll..pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Bab 1.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Bab 3.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Bab 5.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Taufik Hidayat_1820090011_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Taufik Hidayat, NIM. 1820090011. Judul disertasi : “Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Literasi Pada Mata Pelajaran Usul Fikih di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang”, program studi Pendidikan Islam Program Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang. Pokok pembicaraan dalam penelitian ini adalah berkenaan dengan penggunaan model Contxtual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Usul Fikih, dimana hasil capaian pembelajaran yang diperoleh siswa selama ini belum cukup memuaskan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Secara umum usaha yang dilakukan guru sudah terlihat maksimal namun belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam prakteknya, guru belum mampu memainkan perannya dalam proses pembelajaran secara baik dan maksimal. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru masih terkesan pada pendekatan teacher centred dan belum mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggabarkan dan menghasilkan produk tentang : 1) Gambaran pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Usul Fikih di MA KMM Kauman Padang Panjang, 2) Rancangan pengembangan model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL) berbasis Literasi, 3), validitas, praktikalitas dan efektifitas desain pengembangan model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL)berbasis Literasi pada mata pelajaran Usul Fikih di MA KMM Kauman Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) mengacu pada model yang dikembangkan Sivasailam Thiagarajan. Prosedur pengembangan model ini menggunakan Langkah 4-D. Analisa data menggunakan Teknik Analisa kualitatif dan kuantitatif. Temuan penulis dalam penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL) belum terlaksana maksimal, meskipun sebagian sintaks sudah dijalankan, hal ini belum mampu mengakomodir tipe belajar siswa untuk dapat proaktif atau student centred sehingga mampu mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar. 2) Terciptanya sebuah model sebagai alternatif atau pilihan dengan mengedepankan pendekatan berbasis Literasi pada matapelajaran Usul Fikih. 3) Model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL) berbasis Literasi dalam mata pelajaran Usul Fikih sudah memenuhi unsur validitas yaitu sebesar 116,6 yang berarti sangat valid, praktikalitas yaitu sebesar 4,6 yang berarti sangat praktis, dari segi efektifitas, diperoleh data t-hitung 50,445, dan t-tabel 0,344, sehingga sangat efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:44
Last Modified: 12 Jun 2023 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item