Kiprah Muhammad Abid Al-Jabiri dalam Khasanah Filsafat Islam (Pemikiran dan Sumbangannya dalam Kajian Epistimologi Islam)

Pranata, Joni (2022) Kiprah Muhammad Abid Al-Jabiri dalam Khasanah Filsafat Islam (Pemikiran dan Sumbangannya dalam Kajian Epistimologi Islam). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kiprah Muhammad Abid Al-Jabiri Dalam Khasanah Filsafat Islam (Pemikiran Dan Sumbangannya Dalam Kajian Epistemologi Islam).” disusun oleh Joni Pranata, NIM 1715020036, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021. 75 halaman. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah mengetahui kelemahan- kelemahan model epistemologi yang dikenal dalam Islam diantaranya, bayani, irfani, dan burhani. Oleh karena itu seorang tokoh pemikir Islam merekonstruksi epistemologi Islam yang telah ada yaitu Muhammad Abid al-Jabiri. Muhammad Abid al-Jabiri adalah seorang intelektual muslim yang sangat kreatif dalam melontarkan kritik-kritiknya dalam membangun kesadaran umat muslim pada masanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi epistemologi Islam, konsep epistemologi Islam, dan urgensi epistemologi Islam dalam pandangan Muhammad Abid al-Jabiri. Adapun jenis penelitian yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah penelitian yang bercorak (library research). Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Lalu teknik metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis heuristika, deskriptif analitis dan interpretasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa konstruksi epistemologi Islam Abid al-Jabiri ini dibangun untuk lebih mengembangkan pondasi pemikiran Islam Kontemporer, kemudian Abid al-Jabiri menggunakan konsep trilogi dalam epistemologinya yaitu: Pertama, epistemologi yang menitikberatkan perhatiannya pada teks (bayani). Kedua, epistemologi yang menyingkap rahasia-rahasia melalui analisis teks berdasarkan hati nurani yang suci (irfani). Ketiga, epistemologi yang menitikberatkan perhatian kepada realitas atau al waqi‟; baik itu realitas sosial, alam, keagamaan maupun humanitas lainnya (burhani). Urgensi epistemologi Islam Muhammad Abed al-Jabiri yaitu: merekonstruksi sebagian tradisi Islam sesuai dengan perkembangan zaman, serta pemerataan nalar Arab dengan Barat dalam keseimbangan zaman kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:16
Last Modified: 09 Jun 2023 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item