Tinjauan Filosofis terhadap Peranan Niniak Mamak di Minangkabau (Studi Kasus di Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman

Andrika, Fadhly Rama (2022) Tinjauan Filosofis terhadap Peranan Niniak Mamak di Minangkabau (Studi Kasus di Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
1-COVER.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (BAB I)
2-BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB II)
3-BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
4-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
5-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text (BAB V)
6-BAB V.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (FULLTEXT)
7-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Tinjauan Filosofis Terhadap Peranan Niniak Mamak di Minangkabau (Studi Kasus di Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabuapten Padang Pariaman) disusun oleh Fadhly Rama Andrika, NIM 1715020061, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022 Persoalan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan sebenarnya seorang ninik mamak di Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman apakah masih sesuai dengan adat di Minangkabau atau tidak. Dalam persoalan ini penulis mengkaji mengenai (1) Bagaimana tugas pokok Niniak Mamak di dalam persukuan di Nagari Sungai Sariak (2) Bagaimana pelaksanaan tugas pokok Niniak Mamak di Nagari Sungai Sariak (3) Apa kendala yang terjadi dalam melaksanakan tugas pokok Niniak Mamak di Nagari Sungai Sariak. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan penelitian lapangan (Field researsh). Populasi penelitian ini adalah Niniak Mamak sebagai sumber data primer serta kemenakan, tokoh masyarakat serta pendukung lainya yang berkaitan dengan Ninik Mamak sebagai sumber sekunder. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif yang merupakan metode yang sifatnya menggambarkan keadaan data secara apa adanya terhadap yang diteliti. Maksud dari apa adanya ialah tidak ada ampur tangan peneliti berupa pengurangan atau penambahan data, akan tetapi bukan berarti tanpa interpretasi, hanya saja itu dilaksanakan ketika analisis data. Setelah penulis menganalisis data yang mengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) Tugas Pokok Peranan Niniak Mamak di Nagari Sungai Sariak yaitu sebagai pemegang sako dan pusako, membimbing sanak kemenakan, menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kaumnya, serta sebagai panutan di lingkup kaum yang dipimpinya (2) Pelaksanaan Tugas Pokok ini di Nagari Sungai Sariak sudah sesuai dengan ketentuan adat yang ada diminangkabau Namun, dalam melaksanakan tugas pokok tersebut tidak maksimal, sehingga terdapat penyimpangan (3) Kendala yang rasakan oleh seorang Niniak Mamak dalam menjalankan peranya yaitu berupa ketidak acuahan kemenakan terhadap Niniak Mamak, melencengnya anak kemenakan dalam mengelola harta pusako, kurangnya kesadaran anak kamakanakan mengenai adat minangkabau, serta dalam melakasanakan peranan Niniak Mamak memerlukan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:22
Last Modified: 08 Jun 2023 04:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12668

Actions (login required)

View Item View Item