Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Bakat Peserta Didik Kelas Unggul di SMPN 2 Nan Sabaris Padang Pariaman

Beni Murdianto, Beni (2018) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Bakat Peserta Didik Kelas Unggul di SMPN 2 Nan Sabaris Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbing, abstrak)
pdf cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img] Text (bab II)
bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text (bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (daftar kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (skripsi full)
skripsi penuh beni murdianto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://uinib.ac.id

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengembangkan Bakat Peserta Didik Kelas Unggul di SMPN 2 Nan Sabaris Padang Pariaman” yang ditulis oleh Beni Murdianto, NIM. 1314030810 mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat peserta didik kelas unggul di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nan Sabaris Padang Pariaman yang dibimbing langsung oleh guru bimbingan dan konseling. pengembangan bakat peserta didik tersebut dikembangkan dengan berbagai strategi yang terkait dengan program layanan bimbingan dan konseling. berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dibatasi menjadi tiga batasan, yaitu strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan situasi dan kondisi untuk pengembangan bakat peserta didik, strategi guru bimbingan dan konseling dalam menumbuh kembangkan bakat dan motif prestasi tinggi dikalangan peserta didik, dan Strategi guru bimbingan dan konseling dalam Penempatan peserta didik kelas unggul pada program pendidikan pengembangan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Negeri 2 Nan Sabaris Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan situasi dan kondisi fisik serta psikis peserta didik, strategi guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkembangkan bakat dan motif berprestasi tinggi peserta didik, serta untuk mengetahui stategi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam menempatkan peserta didik pada program pengembangan bakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field Research dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari guru bimbingan dan konseling serta peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nan Sabaris Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan situasi dan kondisi adalah dengan memberikan layanan informasi kepada peserta didik untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis sebelum melaksanakan pengembangan bakat. Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkembangkan bakat dan motif prestasi tinggi adalah dengan melaksanakan layanan penguasaan konten yang bekerjasama dengan dengan guru bidang pengembangan bakat. Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menempatkan peserta didik kelas unggul pada program pendidikan pengembangan adalah dengan memberikan layanan penempatan dan penyaluran. Strategi adalah Strategi adalah Akal untuk mencapai suatu maksud , didalam kamus besar bahasa Indonesia di sebut bahwa strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus . Strategi juga bisa diartikan sebagai suatu cara dan seni menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu . Menurut Michael E. Porter dalam buku Freddy Rangkuty, esensi dari strategi adalah memilih untuk menyuguhkan hal yang berbeda dengan apa yang disuguhkan oleh pesaing. Bakat adalah Potensi atau kemampuan seseorang yang sifatnya bawaan, lebih khusus lagi bawaan, lebih khusus lagi terbatas pada hal-hal tertentu. Bakat tersebut juga dapat diartikan berupa tanda-tanda atau dasar-dasar yang dimiliki oleh seseorang yang berupa keterampilan tertentu untuk dibina dan dikembangakan untuk menjadi idividu yang berprestasi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:41
Last Modified: 26 Jun 2018 04:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item