Zulherma, - (2023) Pengembangan kurikulum nasional terpadu berbasis humanistik Islami di Pesantren Sabbihisma. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
ZULHERMA_2020090008_COVER - Zulherma.pdf - Published Version Download (24MB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_BAB 1 - Zulherma.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_BAB 2 - Zulherma.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_BAB 3 - Zulherma.pdf - Published Version Download (833kB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_BAB 4 - Zulherma.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA - Zulherma.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_PRODUK - Zulherma.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
ZULHERMA_2020090008_DISERTASI - Zulherma.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Konteks penelitian dalam penulisan disertasi ini mengembangkan kurikulum nasional dengan program-program kepesantrenan di pesantren yang terpadu dengan basis humanistik Islami. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang komprehensif karena pendidikan pesantren dilaksanakan secara penuh waktu. Tujuan dari penelitian ini agar pesantren dapat memilih strategi pembelajaran agar menjadi lembaga pendididikan Islam unggul. Pendekatan dalam penelitian disertasi ini menggunakan pendekatan research and development atau R & D. Penelitian R & D ini mengembangkan model kurikulum nasional dan pesantren serta pembiasaan secara selaras dalam rangka visi pesantren. Subjek penelitian ini adalah Pesantren Sabbihisma dengan visi mewujudkan peserta didik yang halim (santun) dan „alim (cerdas). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Plomp, yaitu penelitian yang melakukan sejumlah tahapan riset dalam empat prototipe untuk pengembangan model yang valid, efektif, praktis. Teknik awal dilakukan adalah analisa kebutuhan atau Need Assesment pengumpulan data awal untuk secara mendalam melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengembangan kurikulum nasional yang berbasis humanistik Islami di pesantren serta mengetahui penilaian kelayakan buku pengembangan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan buku model pada validitas konstruk mendapat nilai 97,5 %, validitas isi 94 %, validitas bahasa 92%, dan validitas grafis 96% sehingga diperoleh persentase rata-rata sebesar 95%. Dengan demikian, pengembangan kurikulum nasional yang berbasis humanistik Islami di pesantren dinyatakan sangat valid, sehingga layak untuk digunakan. Temuan penelitian menjelaskan bahwa, (1) Kurikulum Nasional Terpadu Berbasis Humanistik Islami dapat dikembangkan di Pesantren (2) Pengembangan kurikulum Nasional Terpadu Berbasis Humanistik Islami di Pesantren dapat diterima oleh pengguna mata pelajaran pada kurikulum nasional. (3) Pengembangan kurikulum Nasional Terpadu Berbasis Humanistik Islami di Pesantren dapat diterima pengguna mata pelajaran kepesantrenan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:21 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12300 |
Actions (login required)
View Item |