PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPS DI MAN 1 SOLOK SELATAN

REFIKA, DELFA USMAN (2018) PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPS DI MAN 1 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbimg, abstak)
POIN 1 PDF OK.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
POIN 2 BAB 1.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
POIN 2 BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text (BAB 3)
POIN 2 BAB 3.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (BAB 4)
POIN 2 BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text (BAB 5)
POIN 2 BAB 5.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
POIN 3.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
POIN 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten dalam Bidang Bimbingan Belajar oleh Guru Bimbingan dan Konseling untuk Membantu Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan.” yang ditulis oleh Refika Delfa Usman, Bp 1314030123, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan yang mempunyai hasil belajar rendah diakibatkan dari berbagai macam permasalah yang dihadapi oleh peseta didik tersebut, oleh karena itu perlunya bantuan dari guru bimbingan dan konseling dalam membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui layanan penguasaan konten. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan?”. Adapun yang menjadi batasan masalahnya adalah a). Perencanaan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan, b).Pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan, c). Hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah a). Untuk melihat Perencanaan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan, b). Untuk melihat Pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan, c). Untuk meihat Hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan IPS di MAN 1 Solok Selatan. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sehingga data yang penulis perlukan dapat di kumpulkan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, peserta didik dan wali kelas. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara a). Wawancara b). Observasi c).Dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa a) Perencanaan pelaksanaan layanan penguasaan konten, hal yang pertama harus dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah dengan menetapkan subjek yang akan dilayani yang dialami peserta didik sesuai dengan kebutuhannya, b) Pelaksanaan layanan penguasaan konten, dapat di lakukan dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk layanan informasi maupun secara individual agar permasalahan yang di alami peserta didik dapat teratasi secara tetap dan tidak hanya terfokus kepada satu teknik saja, c) Hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten, telah mencapai suatu perubahan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:34
Last Modified: 28 Jun 2018 04:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item